Profil

DIII Pemasaran

Visi Prodi

Manajemen Pemasaran 2024

Menjadi Program Studi vokasi yang unggul dalam bidang digitalmarketing untuk menghasilkan lulusan yang terampil, berintegritas, danmampu bersaing di tingkat nasional pada tahun 2024

Misi Prodi

Manajemen Pemasaran 2024

Menyelenggarakan pendidikan vokasional berkualitas di bidang pemasarandengan mengedepankan kekhususan pada digital marketing;
Melaksanakan penelitian terapan di bidang pemasaran yang bermanfaatbagi masyarakat;
Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat yang relevandengan perkembangan IPTEK di bidang pemasaran;
Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangkamemperkuat daya saing institusi.

Profil Lulusan

Manajemen Pemasaran

Manajer Pemasaran Menjalankan fungsi dan peran manajer dalam mengelola bidang pemasaran sehingga memaksimalkan berbagai kepentingan stakeholders.

Tenaga Profesional Mengoptimalkan kemampuan teknis dan administratif di bidang pemasaran.

Konsultan Pemasaran Menyediakan jasa konsultasi, pengembangan wilayah pemasaran, potensi pasar, teknik promosi dan negosiasi, serta survey riset pasar.

Penyelia Mengarahkan dan memotivasi tenaga pemasar, merancang kebijakan pada level teknis atau operasionalisasi aktivitas pemasaran.

Wirausaha Membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, menghasilkan produk/ jasa yang sesuai dengan trend/ selera pasar, memulai usaha baru (start up), mengembangkan usaha yang sudah ada, melakukan inovasi usaha, menganalisis risiko bisnis, dan memberikan solusi dalam menyelesaikan masalah pemasaran.

Kompetensi Lulusan

Manajemen Pemasaran

Kompetensi

Utama

Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep-konsep manajemenpemasaran;
Mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kasus-kasus di bidangpemasaran;
Mampu memahami dan menggunakan sistem teknologi informasi yang updatedalam mendukung aktivitas di bidang pemasaran;
Mampu mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi yang efektif dilingkungan bisnis;
Mampu melaksanakan negosiasi dan hubungan kerja bisnis secara efektif danefisien;
Mampu mengidentifikasi strategi bauran pemasaran yang tepat sesuai dengantujuan organisasi;
Mampu melaksanakan prosedur distribusi produk/jasa secara optimal;
Mampu memilih produk/jasa yang sesuai dengan kebutuhan, permintaan, dankeinginan pasar;
Mampu memahami proses pemasaran di sektor ritel;
Mampu memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan sekaligusmempertahankannya sesuai dengan kaidah, prinsip, teknik, dan standarprosedur pelayanan; dan
Mampu menyajikan laporan hasil survey penelitian pasar

Kompetensi

Pendukung

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relijius
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
Mampu bekerjasama, mengarahkan, dan memotivasi orang lain untukbekerja secara kolektif dalam sebuah tim;
Mampu memahami fungsi manajemen dan fungsi bisnis dalam organisasiperusahaan;
Mampu mengidentifikasi peluang usaha, melakukan usaha, dan mengembangkan inovasi usaha yang sesuai dengan etika bisnis dan nilainilaikemanusiaan;
Mampu menggunakan alat analisis kuantitatif dan aplikasi IPTEK lainnyayang relevan untuk mendukung pemahaman terhadap permasalahanbisnis saat ini;
Menguasai Bahasa Indonesia (lisan atau tulisan) dan mampu ber-bahasaInggris dengan baik;

Kompetensi

Lainnya

Memiliki sensitifitas terhadap isu-isu terkini dalam bisnis;
Memiliki karakter yang kritis, berani bertindak atas dasar kebenaran, danopen minded;
Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangkeahliannya secara mandiri.
Memiliki sikap professional, bermoral, beretika, dan peduli padamasyarakat dan lingkungan; dan
Mampu membantu mengatasi persoalan secara sistematis dan logis.

Industri Pengguna Lulusan

Prodi Manajemen Pemasaran

Alumni PS Manajemen Pemasaran telah memiliki jenjang karir dengan bekerja di Perusahaan swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Uaha Milik Daerah (BUMD), instansi pemerintah, perbankan, dan Perguruan Tinggi (PT).

Manajemen Pemasaran

Industri Pengguna Lulusan

PS Manajemen Pemasaran merupakan salah satu program studi yang cukup diminati calon mahasiswa reguler pada Program Diploma III. Hal ini terlihat dari rasio calon mahasiswa terhadap daya tampung, rasio mahasiswa baru yang registrasi terhadap lulus seleksi, rata-rata IPK lulusan yang terus meningkat. Dari sisi Sumber Daya Manusia meliputi tenaga dosen yang sudah banyak bergelar doktor. Jumlah mitra kerjasama yang dibangun dengan institusi lain sejak lima tahun terakhir juga mengalami peningkatan.

Tabel Input disini

Translate »
Facebook
YouTube
Instagram