Prestasi Mahasiswa

FE Unand


Syifa Fauzia, Mahasiswa Jurusan Akuntansi Kelas Internasional Terpilih (SIYLEP) tahun 2021

Syifa Fauzia ditetapkan sebagai peserta SIYLEP berdasarkan Surat Keputusan Kepada Dinas Pemuda dan Olah Raga Provinsi Sumatera Barat No. 427/IV/454/KPTS-2021. Kegiatan SIYLEP merupakan kegiatan kerja sama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dan National Youth Council Singapore.

Program Pertukaran Pemimpin Muda Singapura Indonesia atau SIYLEP telah diselenggarakan setiap tahun sejak 2017 di bawah MoU antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Singapura tentang Pemuda dan Kerjasama Olahraga, yang ditandatangani pada 2015. Program berfokus pada perluasan dan memperkuat persahabatan antar kedua negara melalui program pertukaran orang-orang, khususnya meningkatkan pemahaman dan apresiasi atas kebijakan nasional, sistem, dan hubungan bilateral.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Andalas lolos seleksi Indonesia International Student Mobility Awards tahun 2021

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan program mobilitas internasional mahasiswa Indonesia yang membuka kesempatan bagi mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia untuk mengikuti proses pembelajaran di perguruan tinggi bereputasi manapun di dunia untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan minat dan cita-citanya.Afif Akbari Habibie akan mengikuti program student exchange di University of Boston (QS World University Rankings 2021: 110), Azizah Dzufa akan mengikuti program student exchange di Korea University (QS World University Rankings 2021: 69), Mefa Alya akan mengikuti program student exchange di University of Pecs (QS World University Rankings 2021: 651-700) dan Nadhifah Akbari Habibie akan mengikuti program student exchange ini di University of Pennsylvania, US (QS World University Rankings 2021: 16) dan. Program ini akan berlangsung selama satu semester dan direncanakan akan dimulai pada bulan Agustus/September 2021.

Nadhifah Akbari Habibie Menjadi Pemenang II Ajang PILMAPRES Tingkat UNAND Tahun 2021

Nadhifah Akbari Habibie merupakan perwakilan yang dikirimkan oleh Fakultas Ekonomi UNAND untuk mengikuti seleksi PILMAPRES tingkat UNAND. Ia merupakan mahasiswa aktif angkatan 2018 jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UNAND.

Setelah melalui seleksi tingkat Universitas dan berdasarkan hasil rapat pimpinan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Andalas dengan Ketua panitia Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Tingkat Universitas Andalas Tahun 2021, serta mempertimbangkan penilaian akhir, penentuan dan penetapan Dewan Juri PILMAPRES Tingkat Universitas Andalas Tahun 2021, maka Nadhifah Akbari Habibie ditetapkan sebagai Pemenang 2 PILMAPRES Tingkat Universitas Andalas Tahun 2021 berdampingan dengan Pemenang 1, Refa Rahmaddiansyah (Fakultas Kedokteran) dan Pemenang 3, Hasbi (Fakultas Farmasi).

Pemilihan mahasiswa berprestasi dilakukan berdasarkan dua komponen utama, yaitu Portfolio Capaian Unggulan dan Gagasan Kreatif. Capaian Unggulan yang diperoleh selama menjadi mahasiswa dalam tujuh bidang utama yaitu: Kompetisi, Pengakuan, Penghargaan, Karir Organisasi, Hasil Karya, Pemberdayaan atau aksi kemanusiaan, kewirausahaan. Nadhifah Akbari Habibie pada pemilihan mahasiswa berprestasi tahun 2021 menyampaikan portfolio capaian unggulan sebagai berikut:

Kompetisi: The 2nd best speaker of debate competition, Regional Languages Championship (REACH), Universitas Negeri Padang, 2019. Top 10 novice best speakers of the 23rd Indonesia Varsity Enflish Debate hosted by Universitas Katolik Atmajaya, 2020.

Pengakuan: Master of Ceremony and organizing committee of 2019 International Conference on Business and Economics, hosted by Faculty of Economics, Andalas University. Master of Ceremony and Organizing committee of Webinar OJK Goes to Campus, hosted by OJK and Faculty of Economics Andalas University. Breaking Adjudicator of Indonesia Varsity English Debate 2021.

Karir Organisasi: Treasurer of Andalas Debating Society, 2019/2020. Koordinator Indonesian Youth Exchange and Study Alumni Association (IYAA) Chapter Padang, sejak Maret 2020.

Pemberdayaan dan Aksi Kemanusiaan: Berpartisipasi dalam National Security Language Initiative for Youth Virtual Summer Intensive Program as Peer Leader, June-August, 2020. Volunteer padang.masukkampus.com, pada program Try Out Masuk Kampus, chapter Padang, 2019.

Selain capaian Unggulan, mahasiswa berprestasi juga diharuskan menyampaikan Gagasan Kreatif dalam bentuk Video dan Poster. Video gagasan kreatif Nadhifah dapat dilihat pada akun Youtube dengan link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=w_Zcdb3e4lo,

Tim Fakultas Ekonomi menjuarai National University Debat Championsip (NUDC) tahun 2021 tingkat Unand

Pemenang pada tingkat universitas akan mengikuti karantina untuk mewakili Universitas Andalas pada tingkat wilayah yang akan dilaksanakan LLDIKTI X. Kemudian, pemenang pada tingkat wilayah akan mewakili LLDIKTI Wilayah X ke tingkat nasional.

Pada lomba NUDC tingkat Unand ini tim dari Fakultas Ekonomi merebut juara pertama dimana tim Fakultas Ekonomi diwakili oleh Afif Akbari Habibie dan Caldito Nanda Permana. Pengumuman pemenang dilaksanakan pada acara yang digelar oleh Bidang Kemahasiswaan Unand yang dilaksanakan secara hybrid di Convention Hall pada tanggal 8 April 2021. Pada Lomba NUDC ini, Fakultas Ekonomi juga memenangkan kategori the best adjudicator yang didaptkan oleh Nadhifa Akbari Habibie. Pemenang lomba ini akan mewakili Unand pada ajang NUDC level regional.

Sebagai bentuk appresiasi dan penghargaan kepada prestasi yang telah diraih, Fakultas Ekonomi Ekonomi melalui Wakil Dekan III, mengundang pada mahasiswa yang telah mengharumkan nama Fakultas ini untuk beraudiensi dan membicarakan persiapan mereka pada perlombaan pada level yang lebih tinggi. Uniknya, 2 orang dari mahasiswa ini adalah kakak dan adik, yaitu Nadhifa dan Afif Akbari Habibie. Melalui pertemuan ini Fakultas Ekonomi memberikan dukungan dan motivasi kepada mereka untuk mempersiapkan diri dengan baik serta selalu mengembangkan kapasitas melalui kegiatan yang positif dan sesuai dengan passion mereka. Selain prestasi yang saat ini, kakak beradik ini pada semester ini juga mengikuti Joint Workshop Social Innovation and Entrepreneurship yang merupakan program kerjasama antara Fakultas Ekonomi dengan Ming Chi Universitu of Technology Taiwan. Semoga prestasi yang diraih oleh tiga orang mahasiswa ini akan mendorong dan mimicu prestasi yang lebih banyak lagi dari seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Anggina Aulia, mahasiswa Fakultas Ekonomi meraih penghargaan sebagai the best female speaker pada Istanbul Youth Summit 2021

Istanbul Youth Summit 2021 merupakan konferensi internasional yang ke-empat kalinya diadakan sejak tahun 2017. Pada tahun ini, Istanbul Youth Summit (IYS) diselenggarakan pada tanggal 22 – 25 Maret 2021, bertempat di Istanbul, Turki yang dihadiri oleh lebih dari 150 orang peserta dari 23 negara.Tema dari kegiatan Istanbul Youth Summit adalah “ Public Leadership Through the Crisis” yang membahas tema-tema dan panel yang dilakukan dalam konfrensi ini. Tema utama Istanbul Youth Summit dibagi menjadi 6 tema yaitu: Pendidikan, Ekonomi, Pemerintahan, Sosial, Kesehatan Masyarakat, dan Lingkungan.

Kegiatan utama dari konferensi ini adalah presentasi project sosial yang telah dibuat oleh masing-masing kelompok. Anggina dan kelompoknya mempresentasikan project yang dikerjakan dihadapan para juri dan beberapa tokoh pemerintahan di Indonesia. Diantaranya; Azis Syamsudin (Wakil Ketua DPR RI), Lalu Muhammad Iqbal (Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki), Billy Mambrasar (Staff Khusus Presiden RI), Agus Khudlori (Staff Khusus Gubernur DKI Jakarta), Ahmet Selim Koroglu (Chief Advisor of the President of Republic Turkey), Ahmet Atabas (Perwakilan dari Beasiswa YTB) dan Taha Ayhan (President of IYCF).

Anggina bersama dengan grupnya mempresentasikan project sosial dengan judul “Body Mind-Well Being, be Extraordinary You” dalam tema public health. Visi dari project ini adalah “Solusi kesehatan mental dasar untuk semua orang di dunia dalam menghadapi krisis” Bentuk kegiatan dari project ini adalah : WHY (We Hear You), Psikoedukasi (Psycoeducation) dan Positive Me. Pada akhir acara Anggina berhasil memperoleh penghargaan “Best Female Presenter” dalam kegiatan Istanbul Youth Summit 2021, dan mampu menjalin komunikasi yang baik serta berdiskusi bersama dengan berbagai delegasi dari seluruh dunia.

Setelah kembali ke Indonesia, Anggina diterima oleh Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi Dr. Ma’ruf untuk melaporkan pengalaman perjalanan dan keikutsertaannya pada IYS dan hasil yang didapat sebagai the best female speaker. Anggina juga mendapatkan hadiah berupa tour keliling Turkey mengunjungi kota-kota utama selama satu minggu. Keikutsertaan Anggina pada ajang ini merupakan hail dari networking yang didapatkan dari keaktifan pada kegiatan kemahasiswaan yang dijalani. Fakultas Ekonomi, melalui Wakil Dekan III sangat mendukung setiap kegiatan kemahasiswaan pada level internasional. Dukungan dan apresiasi terhadap kegiatan mahasiswa pada level internasional ini sesuai dengan visi Fakultas Ekonomi menuju institusi beruputasi internasional.

Translate »
Facebook
YouTube
Instagram