Penerimaan

Mahasiswa Baru

REKRUTMEN KELAS INTERNASIONAL BERBAHASA INGGRIS FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN 2022

A. Informasi Umum

Pada tahun 2022 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas (FEB UNAND) membuka rekrutmen Kelas Internasional Berbahasa Inggris bagi mahasiswa baru program Sarjana (S-1) FEB UNAND Tahun 2022. Program Kelas Internasional Berbahasa Inggris tidak merubah besaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) atau Bidik Misi yang telah ditetapkan sebelumnya.

B. Persyaratan Pendaftaran

  1. Mahasiswa terdaftar Program Sarjana (S1) yang telah lolos seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri (SIMA) UNAND Tahun 2022 (Kampus Padang dan Kampus Payakumbuh)
  2. Mengikuti tahapan seleksi Kemampuan Bahasa Inggris dan Wawancara
  3. Bersedia tidak pindah ke kelas awal jika diterima di Kelas Internasional Berbahas Inggris
  4. Bersedia pindah ke Kampus Padang (Khusus bagi mahasiswa Kampus Payakumbuh)

C. Tatacara Pendaftaran

 

  1. Mendaftar melalui link berikut: https://bit.ly/interFEB2022
  2. Mengunggah foto diri pada link pendaftaran
  3. Membuat dan mengunggah Surat Pernyatan Bersedia Tidak Pindah ke kelas awal jika diterima di Kelas Internasional Berbahasa Inggris. Pilih surat pernyataan sesuai Kampus (Kampus Padang atau Kampus Payakumbuh

D. Dokumen yang diperlukan

E. Tanggal Penting

Pendaftaran

Seleksi Kemampuan Bahasa Inggris dan Wawancara

Pengumuman Hasil

Sampai tanggal 20 Agustus 2022

15 s/d 22 Agustus 2022

Dalam minggu ke – IV Agustus 2022

Catatan: Tanggal-tanggal penting di atas dapat berubah sesuai perkembangan dan kebutuhan

F. Perkuliahan

  • Perkuliahan semester Ganjil TA 2022/2023 dimulai tanggal 22 Agustus 2022
  • KRS mahasiswa yang lulus, dientry manual oleh ICT Departemen

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri FEB UNAND-Program Diploma III dan S1 intake DIII Tahun Akademik 2022/2023

Informasi Umum
Pada tahun 2022 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas (FEB UNAND) melakukan Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma III dan S1 Intake DIII jalur seleksi Mandiri. Seleksi mandiri dilaksanakan berdasarkan portofolio. Seleksi ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2022, 2021, dan 2020 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 2 (dua) program studi pada Program Diploma III. Untuk program sarjana Intake DIII tahun 2022, 2021, dan 2020. Pendaftar intake DIII hanya memilih satu program studi pilihan.

Syarat Pendaftaran
• Warga Negara Indonesia;
• Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2022, 2021, dan 2020:
• Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2022 harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi tanda tangan kepala sekolah/pimpinan dan cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara paket C yang sah atau ijazah (apabila sudah ada);
• Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2021 dan 2020 harus memiliki ijazah;

Tatacara Pendaftaran
• Membuat akun pendaftaran melalui laman formulir https://pmbm.unand.ac.id/ dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online;
• Memilih 2 (dua) program studi pada Program Diploma III. Urutan pilihan menunjukkan skala prioritas;
• Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi syarat, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran;
• Membayar biaya pendaftaran melalui sistem formulir https://pmbm.unand.ac.id/
• Biaya pendaftaran Rp. 350.000,- (tiga ratus lima puluh ribu rupiah)
• Mencetak Bukti Pendaftaran online, melalui akun pendaftaran masing-masing.
• Siapkan scan dokumen asli berikut ini untuk diunggah untuk masing-masing file; hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas).

Dokumen yang diperlukan bagi Pendaftar DIII
Semua dokumen dalam format .pdf
• Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Ijazah (apabila sudah ada) bagi Lulusan tahun 2022
• Ijazah asli bagi Lulusan tahun 2021 dan 2020
• Rapor Kelas X-XII Semester 1-5 bagian Pengetahuan/Akademik (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris).
• Indeks Prestasi per semester untuk pelamar Intake DIII.
• KTP atau Kartu Keluarga (bagi yang belum mempunyai KTP)
• Surat Pernyataan Keaslian Dokumen
• Sertifikat Juara1 – 3 dalam perlombaan tingkat Provinsi/Nasional/Internasional yang diperoleh pada waktu SMA/SMK/MA

Dokumen yang diperlukan bagi Pendaftar Program Sarjana Intake DIII
Semua dokumen dalam format .pdf
• Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Ijazah (apabila sudah ada)
• Indeks Prestasi per Semester
• Transkrip nilai
• KTP atau Kartu Keluarga (bagi yang belum mempunyai KTP)
• Surat Pernyataan Keaslian Dokumen
• Sertifikat yang menunjukkan prestasi selama mengikuti perkuliahan DIII

Tanggal penting (UPDATE)

Pendaftaran Online

Pengumuman Hasil

Pembayaran UKT dan
Registrasi Ulang

15 Juli s/d 2 Agustus 2022

4 Agustus 2022

6 s/d 9 Agustus 2022

Catatan: Tanggal-tanggal penting di atas dapat berubah sesuai perkembangan dan kebutuhan.

 

Biaya Pendidikan

Program

SPP
(Rp.)

Pengembangan
Institusi (PI)
(Rp.)

Diploma III

3.000.000,-

4.000.000,-

S1 intake D III

4.000.000,-

4.000.000,-

SK Rektor Biaya Pendidikan Program Diploma III dan S1 intake DIII

Contoh Surat Pernyataan Bagi Pelamar S1 intake DIII

Informasi: 0751 71088 atau email ke fekon@eb.unand.ac.id

HASIL SELEKSI MANDIRI DIII DAN S1 INTAKE DIII TAHUN 2022 DAPAT DILIHAT PADAhttp://hasil.pmbm.unand.ac.id/

Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana Universitas Andalas Tahun Akademik 2022/2023

Seleksi Masuk Gelombang II Program Diploma III Tahun 2021 Gelombang II

Informasi umum
Seleksi masuk gelombang pertama tanggal 06 s/d 28 Juli 2021 telah berakhir. Hasil seleksi dapat dilihat pada laman http://hasil.pmbm.unand.ac.id/. Fakultas Ekonomi Universitas Andalas kembali membuka kesempatan bagi peserta yang belum lulus seleksi tahap pertama untuk mengikuti seleksi masuk gelombang II pada Program Diploma III yang dimulai pada tanggal 03 s/d 13 Agustus 2021.

Sehubungan dengan situasi pandemi COVID-19 ini, Program Diploma III dan Intake DIII Fakultas Ekonomi Universitas Andalas tidak melaksanan seleksi masuk berdasarkan ujian tertulis pada tahun 2021. Tahun 2021 ini seleksi mandiri dilaksanakan berdasarkan portofolio. Seleksi ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2021, 2020, dan 2019 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 2 (dua) program studi pada Program Diploma III.

Syarat Pendaftaran
• Warga Negara Indonesia;
• Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2021, 2020, dan 2019:
• Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2021 harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi tanda tangan kepala sekolah/pimpinan dan cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara paket C yang sah atau ijazah (apabila sudah ada);
• Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2020 dan 2019 harus memiliki ijazah;

Tatacara Pendaftaran
• Membuat akun pendaftaran melalui laman formulir https://pmbm.unand.ac.id/ dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online;
• Memilih 2 (dua) program studi pada Program Diploma III. Urutan pilihan menunjukkan skala prioritas;
• Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi syarat, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran;
• Membayar biaya pendaftaran melalui sistem formulir https://pmbm.unand.ac.id/
• Biaya pendaftaran Rp. 300.000
• Mencetak Bukti Pendaftaran online, melalui akun pendaftaran masing-masing.
• Siapkan scan dokumen asli berikut ini untuk diunggah untuk masing-masing file; hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas).

Dokumen yang diperlukan bagi Pendaftar DIII
Semua dokumen dalam format .pdf
• Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Ijazah (apabila sudah ada) bagi Lulusan tahun 2021
• Ijazah asli bagi Lulusan tahun 2020dan 2019
• Rapor Kelas X-XII Semester 1-5 bagian Pengetahuan/Akademik (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris).
• Indeks Prestasi per semester untuk pelamar Intake DIII.
• KTP atau Kartu Keluarga (bagi yang belum mempunyai KTP)
• Surat Pernyataan Keaslian Dokumen
• Sertifikat Juara1 – 3 dalam perlombaan tingkat Provinsi/Nasional/Internasional yang diperoleh pada waktu SMA/SMK/MA (jika ada)

Tanggal penting (Perpanjangan Jadwal Pendaftaran)

Pendaftaran OnlineVerifikasiPengumuman HasilRegistrasi Ulang
03 s/d 13 Agustus 2021 14 Agustus 202115 Agustus 202116 s/d 20 Agustus 2021

Link Pendaftaran

Informasi: 0751 71088 atau email ke fekon@eb.unand.ac.id

Seleksi Masuk Program Diploma III dan S1 intake DIII Tahun 2021 Fakultas Ekonomi Universitas Andalas

Informasi umum
Sehubungan dengan situasi pandemi COVID-19 ini, Program Diploma III dan Intake DIII Fakultas Ekonomi Universitas Andalas tidak melaksanan seleksi masuk berdasarkan ujian tertulis pada tahun 2021. Tahun 2021 ini seleksi mandiri dilaksanakan berdasarkan portofolio. Seleksi ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2021, 2020, dan 2019 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 2 (dua) program studi pada Program Diploma III. Untuk program sarjana Intake DIII tahun 2021, 2020, dan 2019. Pendaftar intake DIII hanya memilih satu program studi pilihan.

Syarat Pendaftaran
• Warga Negara Indonesia;
• Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2021, 2020, dan 2019:
• Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2021 harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi tanda tangan kepala sekolah/pimpinan dan cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara paket C yang sah atau ijazah (apabila sudah ada);
• Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2020 dan 2019 harus memiliki ijazah;

Tatacara Pendaftaran
• Membuat akun pendaftaran melalui laman formulir https://pmbm.unand.ac.id/ dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online;
• Memilih 2 (dua) program studi pada Program Diploma III. Urutan pilihan menunjukkan skala prioritas;
• Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi syarat, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran;
• Membayar biaya pendaftaran melalui sistem formulir https://pmbm.unand.ac.id/
• Biaya pendaftaran Rp. 300.000
• Mencetak Bukti Pendaftaran online, melalui akun pendaftaran masing-masing.
• Siapkan scan dokumen asli berikut ini untuk diunggah untuk masing-masing file; hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas).

Dokumen yang diperlukan bagi Pendaftar DIII
Semua dokumen dalam format .pdf
• Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Ijazah (apabila sudah ada) bagi Lulusan tahun 2021
• Ijazah asli bagi Lulusan tahun 2020dan 2019
• Rapor Kelas X-XII Semester 1-5 bagian Pengetahuan/Akademik (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris).
• Indeks Prestasi per semester untuk pelamar Intake DIII.
• KTP atau Kartu Keluarga (bagi yang belum mempunyai KTP)
• Surat Pernyataan Keaslian Dokumen
• Sertifikat Juara1 – 3 dalam perlombaan tingkat Provinsi/Nasional/Internasional yang diperoleh pada waktu SMA/SMK/MA

Dokumen yang diperlukan bagi Pendaftar Program Sarjana Intake DIII
Semua dokumen dalam format .pdf
• Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Ijazah (apabila sudah ada)
• Indeks Prestasi per Semester
• Transkrip nilai
• KTP atau Kartu Keluarga (bagi yang belum mempunyai KTP)
• Surat Pernyataan Keaslian Dokumen
• Sertifikat yang menunjukkan prestasi selama mengikuti perkuliahan DIII
 

Tanggal penting (Perpanjangan Jadwal Pendaftaran)

Pendaftaran Online

Verifikasi

Pengumuman Hasil

Registrasi Ulang

06 s/d 28 Juli 2021

 29 Juli s/d 03 Agustus 2021

04 Agustus 2021

05 s/d 11 Agustus 2021

Catatan: Tanggal-tanggal penting di atas dapat berubah sesuai perkembangan dan kebutuhan. 

Link Pendaftaran

Brosur Penerimaan

Contoh Surat Pernyataan Bagi Pelamar S1 intake DIII

Informasi: 0751 71088 atau email ke fekon@eb.unand.ac.id 

Translate »
Facebook
YouTube
Instagram