Email Institusi merupakan akun email yang digunakan oleh mahasiswa, dosen, dan tendik yang ada di Universitas Andalas selama waktu yang ditentukan. Email Institusi memberikan beberapa layanan yang ada di Microsoft seperti Microsoft 365, Outlook, OneDrive, Teams dll. Setelah mengaktifkan email institusi mahasiswa, dosen, dan tendik baru bisa login single sign on (SSO) dan E-learn Universitas Andalas. Berikut panduan mengaktifkan email institusi Universitas Andalas.
1. Buka browser lalu login ke halaman portal.office.com menggunakan email institusi dan password yang telah di dapat di laman registrasi.unand.ac.id.
2. Selanjutnya kita akan diminta untuk mengganti password yang lama dengan password yang baru. Format password baru yang benar yaitu menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka dan karakter minimal 8 kata. Untuk pembuatan kata sandi yang baru jangan menggunakan kata sandi yang mudah di tebak atau merujuk pada identitas pribadi pemilik email institusi. Contoh penggunaan sandi yang benar yaitu Xam261^*.
3. Untuk menjaga keamanan akun email insitusi, kita diminta untuk memverifikasi akun dengan metode telepon atau email.
- Untuk metode telepon silahkan pilih kode negara Indonesia (+62) lalu ketikkan nomor telepon yang aktif untuk menerima kode dalam bentuk sms atau telepon, kemudian klik berikutnya. Untuk metode email silahkan klik “Saya ingin menyiapkan metode yang berbeda” lalu pilih metode email.
- Untuk metode email silahkan ketik email yang aktif untuk menerima kode verifikasi lalu klik berikutnya.
4. Ketikkan captcha yang ada di layar lalu klik berikutnya.
5. Ketikkan kode verifikasi yang dikirim melalui sms/telepon, bukan melalui WhatsApp. Lalu klik berikutnya.
6. Proses verifikasi telah selesai.