Profil (S2) PPn

PROGRAM MAGISTER (S2) PERENCANAAN PEMBANGUNAN (PPn)

Status Terakreditasi "A"

Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)
No. 177/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2014


PENDAHULUAN

Program Studi Perencanaan Pembangunan (selanjutnya disebut PPn) Universitas Andalas adalah salah satu dari sekian banyak industri pendidikan yang menghasilkan tenaga-tenaga ahli dan profesional, khususnya dalam bidang perencanaan pembangunan yang berbasisikan ilmu ekonomi, serta penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Program studi berjenjang strata 2 (S2) yang didirikan sekitar 12 tahun yang lalu berdasarkan SK Dirjen Dikti Nomor 36/DIKTI/Kep/1996 tanggal 16 Juli 1996, dan telah diperpanjang dengan SK No. 110/DIKTI/KEP/2007 tanggal 31 Agustus 2007.

Kehadiran PPn Unand berawal dari kurangnya ketersediaan tenaga perencana pembangunan yang berbasiskan ilmu ekonomi, terutama di wilayah Sumatera Barat, Riau dan Jambi. Kondisi tersebut bahkan semakin nyata dalam era reformasi yang menuntut partisipasi segenap lapisan masyarakat dalam perencanaan pembangunan. Perencanaan partisipatif sudah menjadi tuntutan dalam era otonomi daerah, namun ketersediaan tenaga perencana yang mengerti konsep-konsep perencanaan pembangunan masih kurang. Oleh karena itu, pengembangan PPn Unand ke depan haruslah dapat menjawab tantangan pembenagunan yang semakin komplek yang membutuhkan perencanaan yang matang dalam memecahkan persoalan-persoalan pembangunan tersebut.

Program Studi PPn menyadari bahwa tuntutan terhadap perbaikan kualitas pengajaran semakin diperlukan mengingat banyaknya tamatan perguruan tinggi yang kurang kompetitif dan semakin tingginya persaingan antar perguruan tinggi itu sendiri. Berdasarkan kenyataan tersebut, Program PPn harus menyelenggarakan proses belajar dan mengajar yang dapat menghasilkan tenaga perencana yang kompeten. Agar tujuan tersebut tercapai, maka Program PPn Unand dengan melibatkan seluruh stakeholders telah melakukan berbagai upaya untuk melakukan perbaikan dan perubahan ke arah yang lebih baik.

 

KETUA PROGRAM STUDI

Prof. Dr. Adrimas, SE, MA

SEKRETARIS PROGRAM STUDI

Fery Andrianus, SE, M.Si

Staf Sekretariat 

Afitry Yanti, A.Md

Read 1321 times Last modified on Selasa, 14 Februari 2017 09:35