Profil (S2) Akuntansi

PROGRAM MAGISTER (S2) AKUNTANSI

Status Terakreditasi "B"

Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)
No.093/SK/BAN-PT/Ak-X/M/II/2013


LATAR BELAKANG

Akuntansi merupakan salah satu pilar kehidupan dunia bisnis. Sebagian besar keputusan yang diambil dalam dunia bisnis baik keputusan operasional maupun stratejik didasarkan kepada informasi akuntansi yang merupakan output dari proses akuntansi.

Semakin tingginya tingkat persaingan di dunia bisnis diperlukan sarana pendidikan akuntansi yang mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan dapat membantu manajemen dalam membuat keputusan stratejik demikian juga di lingkungan pemerintahan.
Program Studi Magister Akuntansi merupakan program studi yang mendidik mahasiswa untuk mengembangkan ilmu akuntansi demi terbentuknya Corporate Governance dan Good Governance serta Government Governance.

Program Studi Magister Akuntansi mulai Agustus 2011 dikelola Fakultas Ekonomi di bawah Program Magister dan Doktor Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

 

SISTEM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

Program Magister Akuntansi memiliki konsentrasi:

  • Akuntansi Keuangan
  • Akuntansi Manajemen
  • Akuntansi Pemerintahan & Sektor Publik

Masing-masing konsentrasi dengan beban studi 42-50 SKS. Pendidikan diselenggarakan dengan menggunakan sistem kredit semester. Perkuliahan dilaksanakan di Program Magister dan Doktor Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang, dengan alamat Gedung III Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang.

 

BEASISWA

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menyediakan sejumlah Beasiswa BPPS dan Beasiswa Unggulan bagi mereka yang bekerja di Lingkungan Perguruan Tinggi. Tata cara pengajuan BPPS dapat ditanyakan langsung ke Bagian Administrasi Akademik Universitas Andalas Padang.

Beasiswa yang tersedia selain BPPS :

  • Beasiswa STAR – BPKP
  • Biro PKLN Depdiknas
  • Beasiswa Bakrie
  • Beasiswa PEMDA

Bagi mahasiswa penerima beasiswa dibebankan dana swakelola, jumlahnya tergantung pada jumlah kekurangan biaya kuliah per semester dari beasiswa yang diterima.

 

KETUA PROGRAM STUDI

Dr. Suhairi, SE, M.Si, Ak

SEKRETARIS PROGRAM STUDI

Nini Sofriyeni, SE, M.Si, Ak

Staf Sekretariat

Zulfanidar, Amd

Read 625 times