Profil S3 Ilmu Ekonomi

LATAR BELAKANG


Perubahan ekonomi global dan nasional yang begitu cepat telah melahirkan liberalisasi ekonomi. Desentralisasi pembangunan juga membuat kewewenangan dari pemerintah pusat ke daerah, berimplikasi kepada perencanaan, dan pendanaan. Saat bersamaan menuntut pembangunan Sumber Daya Manusia yang lebih baik, dengan menghasilkan tenaga yang handal, lebih berkualitas, kreatif, berdaya saing dan responsif terhadap perkembangan zaman.

Dalam konteks inilah maka Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas menyelenggarakan Program Doktoral dalam bidang Ilmu Ekonomi dengan kajian bidang Ilmu Ekonomi yang juga dapat relevan dengan kajian bidang Manajemen, bisnis dan Akuntansi. Program ini ditargetkan untuk menghasilkan lulusan yang berpredikat doktor bidang ilmu Ekonomi dengan kajian bidang Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi yang berkemampuan tinggi dalam menjawab persoalan dan tantangan otonomi, liberalisasi dan globalisasi ekonomi untuk pembangunan kesejahteraan masyarakat banyak.

Kandidat Doktor Ilmu Ekonomi dapat memilih konsentrasi sesuai dengan minat dan kemampuannya masing-masing. Pelaksanaannya sangat ditentukan oleh integritas dan kekhasan bidang yang akan dikembangkan. Sehingga dengan perancangan program studi akan dapat lebih mudah menuntun calon mahasiswa. Kandidat juga dapat memilih jalur yang sesuai dengan pilihannya, melalui jalur "courses" maupun jalur "riset"

BEBAN STUDI DAN MASA STUDI


 

Lulusan

Asal Lulusan

SKS

Masa Studi

(bulan)

S2

Sebidang

42

36

S2

Tidak Sebidang

52

42

Program Doktor Ilmu Ekonomi dilaksanakan secara reguler setiap tahun. Kegiatan perkuliahan mengikuti jadwal akademik Universitas Andalas.

 

KONSENTRASI DAN JALUR


 

 

Ilmu ekonomi menerima mahasiswa sesuai dengan jalur yang diinginkan dan disesuaikan dengan ketersediaan promotor untuk pembimbingan. Jalur-jalur yang ada dan ditawarkan adalah:

  • Ekonomi Kependudukan dan SDM
  • Ekonomi Politik Internasional
  • Ekonomi Industri dan Inovasi Daerah
  • Ekonomi Regional dan Perkotaan
  • Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan
  • Ekonomi dan Keuangan Sektor Publik
  • Ekonomi Bisnis dan Manajemen

Jalur studi dapat ditempuh melalui jalur ilmu ekonomi dengan sistem perkuliahan (courses) dan jalur riset. Kedua jalur yang membedakannya adalah komposisi SKS, beban disertasi dan publikasi.

Semua mahasiswa S-3 wajib melalui pra kualifikasi S-3 selama 6 bulan untuk seluruh mahasiswa masuk. Kemudian setelah dinyatakan lolos sebagai mahasiswa S-3, maka mengikuti jalur wajib mata ajar, dan konsentrasi


 

KETUA PROGRAM STUDI: Prof. Dr. Elfindri, SE.,MA

ASISTEN KETUA PROGRAM STUDI: Dra. Leli Sumarni, M.Si.


Staff Sekretariat: Hafizh Hidayatullah Esas, SE

Read 4012 times Last modified on Selasa, 14 Februari 2017 09:23