Profil D3 Pemasaran

 

PROFIL LULUSAN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN

PROGRAM DIPLOMA III PROGRAM STUDI MANAJEMEN PEMASARAN


VISI PS MANAJEMEN PEMASARAN 2024

Menjadi Program Studi vokasi yang unggul dalam bidang digitalmarketing untuk menghasilkan lulusan yang terampil, berintegritas, danmampu bersaing di tingkat nasional pada tahun 2024

 

MISI PS MANAJEMEN PEMASARAN 2024

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasional berkualitas di bidang pemasarandengan mengedepankan kekhususan pada digital marketing;
  2. Melaksanakan penelitian terapan di bidang pemasaran yang bermanfaatbagi masyarakat;
  3. Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat yang relevandengan perkembangan IPTEK di bidang pemasaran;
  4. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangkamemperkuat daya saing institusi.

 

PROFIL LULUSAN PS MANAJEMEN PEMASARAN

Deskripsi Profil Lulusan PS Manajemen Pemasaran

No.

Profil Lulusan

Deskripsi Profil

1.

Manajer Pemasaran

Menjalankan fungsi dan peran manajer dalam mengelola bidang pemasaran sehingga memaksimalkan berbagai kepentingan stakeholders.

2.

Tenaga Profesional

Mengoptimalkan kemampuan teknis dan administratif di bidang pemasaran.

3.

Konsultan Pemasaran

Menyediakan jasa konsultasi, pengembangan wilayah pemasaran, potensi pasar, teknik promosi dan negosiasi, serta survey riset pasar.

4.

Penyelia

Mengarahkan dan memotivasi tenaga pemasar, merancang kebijakan pada level teknis atau operasionalisasi aktivitas pemasaran.

5.

Wirausaha

Membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, menghasilkan produk/ jasa yang sesuai dengan trend/ selera pasar, memulai usaha baru (start up), mengembangkan usaha yang sudah ada, melakukan inovasi usaha, menganalisis risiko bisnis, dan memberikan solusi dalam menyelesaikan masalah pemasaran.

KOMPETENSI LULUSAN PS MANAJEMEN PEMASARAN

PS Manajemen Pemasaran memiliki kompetensi utama, pendukung, dan lainnya sesuai dengan Kepmendiknas No. 045/U/2002 sebagai berikut:

 

KOMPETENSI UTAMA:

  1. Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep-konsep manajemenpemasaran;
  2. Mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kasus-kasus di bidangpemasaran;
  3. Mampu memahami dan menggunakan sistem teknologi informasi yang updatedalam mendukung aktivitas di bidang pemasaran;
  4. Mampu mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi yang efektif dilingkungan bisnis;
  5. Mampu melaksanakan negosiasi dan hubungan kerja bisnis secara efektif danefisien;
  6. Mampu mengidentifikasi strategi bauran pemasaran yang tepat sesuai dengantujuan organisasi;
  7. Mampu melaksanakan prosedur distribusi produk/jasa secara optimal;
  8. Mampu memilih produk/jasa yang sesuai dengan kebutuhan, permintaan, dankeinginan pasar;
  9. Mampu memahami proses pemasaran di sektor ritel;
  10. Mampu memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan sekaligusmempertahankannya sesuai dengan kaidah, prinsip, teknik, dan standarprosedur pelayanan; dan
  11. Mampu menyajikan laporan hasil survey penelitian pasar

 

KOMPETENSI PENDUKUNG:

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relijius
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  4. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Mampu bekerjasama, mengarahkan, dan memotivasi orang lain untukbekerja secara kolektif dalam sebuah tim;
  7. Mampu memahami fungsi manajemen dan fungsi bisnis dalam organisasiperusahaan;
  8. Mampu mengidentifikasi peluang usaha, melakukan usaha, dan mengembangkan inovasi usaha yang sesuai dengan etika bisnis dan nilainilaikemanusiaan;
  9. Mampu menggunakan alat analisis kuantitatif dan aplikasi IPTEK lainnyayang relevan untuk mendukung pemahaman terhadap permasalahanbisnis saat ini;
  10. Menguasai Bahasa Indonesia (lisan atau tulisan) dan mampu ber-bahasaInggris dengan baik;

KOMPETENSI LAINNYA/PILIHAN:

  1. Memiliki sensitifitas terhadap isu-isu terkini dalam bisnis;
  2. Memiliki karakter yang kritis, berani bertindak atas dasar kebenaran, danopen minded;
  3. Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangkeahliannya secara mandiri.
  4. Memiliki sikap professional, bermoral, beretika, dan peduli padamasyarakat dan lingkungan; dan
  5. Mampu membantu mengatasi persoalan secara sistematis dan logis.

INDUSTRI PENGGUNA LULUSAN PS MANAJEMEN PEMASARAN

Alumni PS Manajemen Pemasaran telah memiliki jenjang karir dengan bekerja di Perusahaan swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Uaha Milik Daerah (BUMD), instansi pemerintah, perbankan, dan Perguruan Tinggi (PT).

 

KEUNGGULAN PS MANAJEMEN PEMASARAN

PS Manajemen Pemasaran merupakan salah satu program studi yang cukup diminati calon mahasiswa reguler pada Program Diploma III. Hal ini terlihat dari rasio calon mahasiswa terhadap daya tampung, rasio mahasiswa baru yang registrasi terhadap lulus seleksi, rata-rata IPK lulusan yang terus meningkat. Dari sisi Sumber Daya Manusia meliputi tenaga dosen yang sudah banyak bergelar doktor. Jumlah mitra kerjasama yang dibangun dengan institusi lain sejak lima tahun terakhir juga mengalami peningkatan.

KURIKULUM

PROGRAM STUDI PEMASARAN  
       
SEMESTER Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS
  I      EDU 101 Pendidikan Agama 3
EDU 102 Bahasa Indonesia 3
EDU 103 Tata Bahasa Inggris 2
EDA 101 Pengantar Akuntansi I 3
EDK 101 Matematika Keuangan Bisnis 3
EDK 102 Pengantar Ekonomi Mikro 3
EDU 104 Teknologi Informasi dan Komunikasi 3
EDP 101 Pengantar Bisnis 3
Jumlah 23
 II       EDU 105 Ilmu Alamiah Dasar 3
EDU 106 Pendidikan Kewarganegaraan 3
  Praktikum Percakapan Bahasa Inggris 2
EDA 102 Pengantar Akuntansi II 3
EDK 103 Pengantar Ekonomi Makro 3
EDK 104 Pengantar Perpajakan 3
EDU 201 Statistik Bisnis 3
EDP 102 Pengantar Manajemen 3
Jumlah 23
 III       EDU 202 Hukum Bisnis 2
EDA 203 Akuntansi Biaya 3
EDA 205 Anggaran Perusahaan 3
EDP 201 Komunikasi Bisnis 3
EDP 203 Manajemen Keuangan 3
  Pengantar Manajemen Pemasaran 3
  Pengembangan Kepribadian 2
EDP 204 Etika Bisnis 2
Jumlah 21
IV        EDP 205 Praktikum E-Commerce 2
  Praktikum Sistem Informasi Pemasaran 2
EDP 207 Perilaku Konsumen 2
  Praktikum Negosiasi Bisnis 2
EDP 209 Pemasaran Ritel 3
EDP 210 Manajemen Penjualan 2
  Pemasaran Jasa 3
EDP 212 Komunikasi Pemasaran Terpadu 3
Jumlah 19
V          EDU 301 Kewirausahaan 3
  Praktikum Pemasaran Langsung 2
  Praktikum Pengembangan Produk 2
  Praktikum Penetapan Harga 2
  Praktikum Komunikasi Pemasaran 2
EDP 304 Praktikum Penelitian Pasar 2
  Praktikum Distribusi dan Logistik 2
EDP 307 Teknik Pemasaran Internasional 2
EDP 308 Manajemen Sumber Daya Manusia 3
EDP 309 Manajemen Hubungan Pelanggan 2
Jumlah 22
VI EDU 302 Magang 4
Jumlah SKS 112
Read 105 times Last modified on Kamis, 29 Maret 2018 13:59