Silahturahmi Pimpinan FEUA dengan Orangtua/Wali Maba Tahun 2019

15 Agustus 2019

Pada tanggal 16 Agustus 2019, Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FEUA) mengadakan pertemuan dengan orangtua mahasiswa baru Tahun Akademik 2019/2020. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi dan sosialisasi informasi terkait peraturan akademik, kegiatan kemahasiswaan dan sarana prasana penunjang proses pembelajaran di Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Kegiatan silahturahmi ini dibuka oleh Dr. Vera Pujani, SE., MMTech selaku Wakil Dekan (Wadek) III Fakultas Ekonomi. Wadek III mengajak para orangtua mahasiswa baru untuk ikut aktif memantau aktivitas anaknya selama menimba ilmu di Fakultas Ekonomi Unand..   

Selanjutnya Wadek III menyampaikan informasi terkait profil fakultas ekonomi dan kegiatan kemahasiswaan. Sementara itu, Dr. M. Nazer, SE., MA memaparkan tentang peraturan akademik di Fakultas Ekonomi.

Selain sosialisasi tentang proses perkuliahan, dalam acara ini juga berlangsung diskusi dalam bentuk tanya jawab antara orangtua maba dan pengelola fakultas. Beberapa pertanyaan yang mendominasi adalah beasiswa bagi mahasiswa berprestasi atau yang ekonomi lemah, cara memantau perkembangan akademis mahasiswa, dan perbedaan antara Diploma III dan Strata I.

“Beasiswa yang tersedia di Fakultas Ekonomi diantaranya adalah PPA, Bidik Misi, LAZ Nurul Ilmi, IKA FE Unand dan beasiswa dari instansi lain” ungkap Wadek III

Kemudian Wadek I menambahkan informasi tentang perbedaan Diploma III dan Strata I,”Di program Strata I mahasiswa dididik sisi keilmuannya, sementara Diploma III lebih mengutamakan praktikum.”

Untuk memantau perkembangan akademis anak-anaknya Wadek I menjelaskan bahwa para orangtua dapat memantau aktifitas akademik anaknya dengan mengakses portal akademik. “disana orangtua dapat meilihat KRS, KHS, historis pembayaran SPP dan status aktif atau BSS.” tambah Wadek I.

Ketua jurusan Ilmu Ekonomi Dr. Endrizal Ridwan, SE., ME juga mengajak para orangtua untuk mengenal istilah-istilah yang dipakai di lingkungan kampus seperti KRS (Kartu Rencan Studi), KHS (Kartu Hasil Studi), BSS (Berhenti Studi Sementara), PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dan masih banyak lagi.

Dipenghujung kegiatan, Wakil Dekan III menyampaikan kepada seluruh orang tua mahasiswa baru yang hadir bahwa, pihak fakultas berkomitmen untuk memberikan informasi yang diperlukan oleh orangtua mahasiswa terkait kemajuan akademik anaknya yang menimba ilmu di Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

 

Read 224 times