Penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Ekonomi dan Perum Jamkrindo

03 Februari 2017


Pada hari Jumat, 3 Februari 2017, Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas dan Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA). MoA ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman (MoU) antara Perum Jamkrindo dan Universitas Andalas yang telah ditandatangani terlebih dahulu.

Acara penandatanganan MoA ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Dekan dan Ketua Lembaga di lingkungan Universitas Andalas. Jamkrindo diwakili oleh Achmad Sonhadji selaku Kepala Pengawasan Intern (SPI) Perum Jamkrindo, Yusman selaku Kepala Departemen Pengawasan IKNB 1A Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yusman dalam sambutannya menjelasakan tentang background dari beberapa MoU dan MoA yang telah ditandatangani oleh pihak terkait. Ia mengatakan bahwa salah satu kebijakan OJK adalah menghindari MoU yang hanya sekedar MoU saja tanpa ada tindak lanjut berupa nota kesepakatan (MoA). Selain itu, OJK sengaja mengajak masyarakat kampus khususnya mahasiswa untuk ikut andil dalam memetakan dan membuat rating UMKM yang ada di wilayah Sumatera Barat.

Rektor dalam sambutannya menyampaikan bahwa UMKM menyerap banyak tenaga kerja dan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, maka MoA tentang updating data UMKM untuk wilayah Sumatera Barat sangat diperlukan untuk memberi kemudahan kepada UMKM dalam memperoleh pembiayaan dari lembaga keuangan seperti Bank.


Penandatanganan MoA antara Fakultas Eknomi Unand dan Perum Jamkrindo dilakukan oleh Dekan, Dr. Harif Amali Rivai, SE., M.Si dan Kepala Pengawasan Intern (SPI) Perum Jamkrindo, Achmad Sonhadji. Sementara, MoA antara Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) Fakultas Ekonomi Unand dan Perum Jamkrindo ditandatangani oleh Dr. Elvira Luthan, SE, Ak., M.Si dan Achmad Sonhadji.

Ruang lingkup nota kesepakatan (MoA) ini adalah kerjasama dalam rangka melakukan pendataan dan pemutakhiran data Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka Pemeringkatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Read 381 times Last modified on Rabu, 01 Maret 2017 16:20