FEUA Helat Konferensi Internasional 4th ICBE 2019

12 November 2019

 

Tahun 2019 merupakan tahun penyelenggaraan International Conference on Business and Economics (ICBE) ke 4 (empat). Konferensi yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali ini berlangsung pada tanggal 11 dan 12 November 2019 di Hotel Grand Inna Padang, Sumatera Barat, Indonesia. 4th International Conference on Business and Economics (4th ICBE) mengusung tema “Business Growth and Sustainable Development Goals in Emerging Market Economics”

Dr. Harif Amali Rivai, SE., M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FEUA) dalam sambutannya menjelaskan bahwa ICBE merupakan konferensi internasional yang diselenggarakan oleh FEUA setiap dua tahun. “Pada tahun 2017 telah diselenggarakan 3rd ICBE yang berkolaborasi dengan 5th ISEB Universiti Malaysia Kelantan” tambah Dekan.

Dekan menyampaikan harapan agar  4th ICBE dapat menjadi wadah untuk berbagi ide dan pengalaman dari para peneliti terkait isu teknologi dan sustainability di semua bidang ilmu ekonomi. Lebih lanjut Dekan menjelaskan bahwa tujuan dari penyelenggaran 4th ICBE adalah untuk menjalin jejaring dan kolaborasi antar peneliti dalam sebuah penelitian lebih lanjut tentang business growth dan SDGs di bidang ekonomi.

Selanjutnya, Dr. Fauzan Misra, SE., M.Sc., Ak., CA selaku Ketua Pelaksana 4th ICBE menjelaskan bahwa teradapat 104 papers yang dipresentasikan. “29 papers dari bidang ilmu ekonomi, 37 papers dari ilmu manajemen dan 38 papers dari bidang akuntansi” jelas Fauzan.

Kemudian, Dr. Fauzan Misra juga menyampaikan bahwa keynote speaker pada 4th ICBE ini adalah Prof. Dr. Haim Hilman Bin Abdullah. Ia adalah dosen dan pakar strategic management dari Universiti Utara Malaysia (UUM). Kemudian dilanjutkan dengan Plenary Session dan Parallel Session di tempat yang berbeda.

Prof. Dr. Haim Hilman Bin Abdullah menyampaikan sambutan kunci dengan topic “The Role of Business Education in Digital Economy.”  Sebelum mengakhiri keynote speechnya, Prof. Haim mengutip kalimat W. Chan Kim & Renee Mauborgne “Before executives can chart a new strategy, they must reach common understanding of the company’s current position.”

Setelah penyampaian keynote speech oleh Prof. Dr. Haim Hilman Bin Abdullah, rangkaian acara 4th ICBE berlanjut dengan Plenary Session. Plenary session dipandu oleh moderator, Dr. Sari Lenggogeni, SE., MM dan menghadirkan dua orang narasumber yaitu, Dian Lumban Toruan  (Regional Corporate Affairs Manager at GOJEK) dan Endrizal Ridwan, ME., Ph.D (Dosen dan Peneliti Fakultas Ekonomi Universitas Andalas). Dian Lumban Toruan memaparkan materi dengan tema “The Utilization of Technology to Develop Digital Economy” dan Endrizal Ridwan menjelaskan tentang topic “Online Motorcycle Taxi and Home Economy.”

Acara 4th ICBE dilanjutkan dengan Parallel Session di lima ruangan yang berbeda. Setiap peserta dikelompokkan sesuai dengan bidang kajian penelitian mereka. Pada acara penutupan, Ketua Pelaksana mengumumkan penerima penghargaan BEST PAPER pada 4th International Conference on Business and Economics 2019 (4th ICBE). Penghargaan Best Paper diterima oleh dua penelitian, yaitu “Packaging Design Technique of Salted Fish as an Effort to Increase the Income of the Bagan Deli Society” oleh Sri Wahyuni, Mesra B, Akhyar Lubis dan Indri Sulistianingsih. Dan “Exploring the Role of Market Analysis and Industry Involvement in Developing R&D Strategy. A Case Study of R&D Government Institution” oleh Dianadewi Riswantini.

 

Read 95 times Last modified on Selasa, 12 November 2019 14:21