FEUA Unand Memperingati DIES NATALIS ke-62

09 September 2019

Pada tanggal 9 September 2019, Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FEUA) memperingati hari lahir (Dies Natalis) yang ke 62. Puncak peringatan Dies Natalis FEUA dirayakan dengan Sidang Terbuka dan Orasi Ilmiah di gedung Convention Hall Kampus Limau Manis, Padang.

Peringatan Dies Natalis FEUA diwarnai dengan orasi ilmiah oleh Dr. Dessy Kurniasari, SE, M.Bus (Adv),PhD. Dessy merupakan salah satu penerima penghargaan bergengsi internasional Outstanding Paper Award oleh  Emerald Publishing pada tahun 2018 lalu. Pada Dies Natalis ke 62 FEUA tahun ini, Dessy Kurnia Sari menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Penerapan Integrated Marketing Communication untuk Peningkatan Kemampuan Pemasaran Produk UMKM”

Dessy Kurnia Sari menyampaikan bahwa penguatan pemasaran bagi UMKM merupakan klasik dalam khasanah penelitian pemasaran dan kewirausahaan.

“Jika kita telusuri lebih lanjut, masalah yang sebenarnya yang mereka hadapi adalah peluang pasar, pasar pasaran, jangkauan pemasaran, kampanye pemasaran dan masalah lainya.” Jelas Dessy dalam orasinya.

Lebih lanjut Dessy menyampaikan bahwa dalam perspektif yang lebih luas, penerapan Integrated marketing Communication atau komunikasi pemasaran terpadu melaui pemanfaatan teknologi menjadi sesuatu yang sangat mendesak terutama untuk peningkatan daya saing UMKM.

Setelah pemaparan orasi ilmiah oleh Dessy Kurnia Sari, SE, M.Bus (Adv),PhD, acara dilanjutkan dengan pidato dekan dalam rangka dies natalis ke-62 Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Dekan menjelaskan bahwa seiring dengan berjalannya waktu, FEUA telah memperlihatkan  perkembangan yang signifikan. Saat ini jumlah prodi yang terakreditasi oleh BAN PT sebanyak 15 prodi yang terdiri 4 prodi diploma, 3 prodi S1, 3 prodi S2, 2 prodi S3, 2 prodi S1 di Kampus Payakumbuh, dan 1 Program Pendidikan Profesi Akuntansi.

“Tiga prodi induk yaitu Ekonomi Pembangunan, Manajemen, dan Akuntansi telah memperoleh akreditasi dengan peringkat A.”tambah Dekan.

Kemudian Dekan juga menjelaskan bahwa dalam rangka meningkatkan mutu lulusan, FEUA terus berupaya untuk meningkatkan rasio jumlah dosen dan mahasiswa.

“Pada tahun 2019 ini FEUA telah memperoleh tambahan dosen sebanyak 18 orang, sehingga total dosen bertambah dari 137 orang menjadi 155 orang.” jelas Dekan.

Fakultas Ekonomi secara berkelanjutan berupaya untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik/dosen. Pengembangan tenaga pendidik/dosen telah dilakukan secara intensif dengan memanfaatkan berbagai sumber dana pendidikan baik dari pemerintah, bantuan dalam negeri dan  luar negeri. Selain itu, program insentif penelitian tingkat fakultas yang telah diawali sejak tiga periode kepemimpinan yang lalu senantiasa ditingkatkan baik dari segi pendanaan ataupun jumlah judul yang memperoleh pendanaan. 

“Pada tahun 2019 ini fakultas mengalokasikan sebanyak 45 judul penelitian yang didanai dari PNBP Fakultas.”ujar Dekan.

Lebih lanjut Dekan juga menyampaikan bahwa FEUA memberikan insentif dalam upaya peningkatan publikasi dosen melalui buku karya dosen. Cukup banyak penulis buku atau kontributor yang telah mempublikasikan keilmuannya melalui buku, misalnya: Prof. Dr. Syafrizal, Prof. Dr. Elfindri, Prof. Dr. Niki Lukviarman, Drs. Riwayadi, MBA, Prof. Dr. Syaruddin Karimi,  Dr. Fery Andrianus, Prof. Dr. Werry Darta Taifur, Dr. Sari Lenggogeni, Dr. Fajri Muharja, Dr. Alfitman, dan Dr. Fauzan Misra.

Berbeda dari dies natalis pada tahun sebelumnya, pada dies natalis ke-62 ini Fakultas Ekonomi mengundang 19 orang mahasiswa penerima beasiswa pendidikan dari IKAFE (Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi) Universitas Andalas dan 15 orang penerima beasiswa dari  PT. Pegadaian (Persero).  

Pada dies natalis ke-62 tahun 2019, Fakultas Ekonomi Universitas Andalas memberikan penghargaan kepada tenaga pendidik/dosen berprestasi, tenaga kependidikan berprestasi dan mahasiswa berprestasi. Fajri Adrianto, SE, M.Bus, PhD dan Drs. Riwayadi, MBA, Ak, CA, CSRA terpilih sebagai tenaga pendidik berprestasi. Joni Mariko, SE terpilih sebagai tenaga kependidikan berprestasi.

Sementara untuk penerima penghargaan mahasiswa berprestasi diterima oleh: Dinda Fadillah (Jurusan Ekonomi Pembangunan), Hafnati Rahmi (Jurusan Akuntansi), Yusnitafili Harefa (Jurusan Manajemen),  Muhammad Khairi Wijaya (Jurusan Manajemen Kampus 2 Payakumbuh), Aghes Febtiowanda (Jurusan D3 Kesekretariatan).

Dalam peringatan Dies Natalis ke 62 ini, Dekan mengajak seluruh civitas akademika Fakultas Ekonomi Unand agar meningkatkan partipasinya dalam rangka meraih prestasi yang lebih baik.

Read 105 times Last modified on Senin, 09 September 2019 15:33