Andrinof A Chaniago Bekali Mahasiswa Kiat Berwirausaha

06 April 2019

Andrinof Achir Chaniago, Komisaris Utama Bank Rakyat Indonesia (Persero) diundang sebagai pemateri dalam kuliah umum kewirausahaan di Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FEUA). Kuliah umum berlangsung pada tanggal 5 April 2019 dan bertempat di Ruang Seminar Pascasarjana FEUA.

Dr. Masyhuri Hamidi, SE., M.Si., CFP® selaku moderator menyampaikan bahwa  kuliah umum dengan tema “Kewirausahaan dalam Revolusi Industri 4.0” terselenggara berkat kerjasama FEUA dan Bank BRI.

Andrinof mengawali kuliah umumnya dengan memaparkan tantangan yang akan dihadapi oleh generasi milenial kedepan yaitu Bonus Demografi. “Salah satu dampak dari bonus demografi adalah persaingan dalam merebut lapangan pekerjaan semakin tinggi,” ungkap Andrinof.

Kemudian Andrino menyampaikan bahwa tujuan utama dalam bekerja adalah untuk mendapatkan penghasilan. Dalam menghadapi tingginya persaingan memperoleh lapangan pekerjaan, Andrinof mengajak peserta kuliah umum yang mayoritas adalah mahasiswa untuk merubah orientasi.

“Dari pola pikir mendapat penghasilan dari pemberi kerja, menjadi orang yang menciptakan sumber penghasilan sendiri atau bersama dengan kelompok kecil,” tambahnya.

Andrinof juga menjelaskan bahwa peluang dalam berwirausaha masih terbuka lebar. “Setiap tahun laju pertambahan penduduk meningkat, ini merupakan peluang bagi orang yang punya jiwa kewirausahaan,” ujar Andrinof melanjutkan pemaparannya.

Andrinof Achir Chaniago mengakhiri kuliah umumnya dengan menjelaskan poin penting yang perlu dimiliki seorang wirausahawan di era revolusi industri 4.0. Wirausahawan harus memilki; ide yang telah dimatangkan/difinalisasi, inisiatif untuk mengeksekusi ide, memiliki kegigihan dalam menghadapi kendala, kreatifitas dan inovasi, dan memiliki pola pikir terbuka mengikuti perkembangan.

Kuliah umum oleh Andrinof Achir Chaniago yang juga dihadiri oleh Wakil Rektor III Unand, Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS., M.Sc, Dekan FEUA, Dr. Harif Amali Rivai, SE, M.Si., Wakil Dekan I, Dr. M. Nazer, SE, MA  serta perwakilan dari Bank Rakyat Indonesia.

Read 87 times