Penyerahan Ijazah Wisudawan/ti Secara Simbolis oleh Dekan Fakultas Ekonomi Unand

27 Agustus 2019

Pada hari Sabtu, tanggal 24 Agustus 2019 Fakultas Ekonomi melakukan acara penyerahan ijazah kepada wisudawan/ti Program Studi S1 dan Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (Unand). Sebelumnya, sebanyak 233 orang lulusan dari Program Strata I dan Diploma III telah dilantik secara simbolis oleh Rektor Unand, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE., MBA di tempat yang sama yaitu Gedung Auditorium, Kampus Limau Manis.

Dekan Fakultas Ekonomi Unand, Dr. Harif Amali Rivai, SE., M.Si dalam sambutannya mengucapkan selamat atas prestasi akademik yang diraih oleh wisudawan/ti Fakultas Ekonomi Unand. Dekan menyampaikan bahwa pada wisuda periode III tahun 2019, Fakultas Ekonomi mewisuda sebanyak 156 orang dari Prodi S1, 77 orang dari Prodi Diploma III.

 “Pada hari Jumat kemaren sebanyak 21 orang dari Program Magister (S2) dan 1 orang dari Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) telah diwisuda terlebih dahulu,” tambah Dekan.

Selanjutnya, Dekan menyampaikan bahwa peningkatan jumlah lulusan tidak seimbang dengan ketersedian kesempatan kerja. “Pasar kerja yang semakin terbatas dan tingkat persaingan yang semakin ketat menjadikan tingkat pengangguran terdidik semakin tinggi.”ungkap Dekan.

Selain itu Dekan juga mengingatkan wisudawan bahwa tuntutan persaingaingan di era baru industrialisasi memunculkan ancaman bagi tenaga kerja karena akan banyak digantikan oleh teknologi digital dan automatisasi.

“Para lulusan dituntut untuk dapat meningkatkan portofolio skill yang relevan dengan perkembangan era teknologi informasi,” ujar Dekan kepada wisudawan.

Pada kesempatan ini, Dekan juga menyampaikan bahwa pada awal tahun 2020 jurusan Ilmu Ekonomi dan jurusan Manajemen akan melalui tahap visitasi untuk memperoleh akreditasi internasional AUN-QA (ASEAN University Network Quality Assurance).

“Saat ini, dua program studi, yaitu Magister Manajemen telah memperoleh akreditasi internasional ABEST21 dan  jurusan Akuntansi telah terakreditasi AUN-QA.”

Read 140 times