FEUA Menjadi Tuan Rumah Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI)

21 Maret 2019

Program Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FEUA) menjadi tuan rumah dalam kegiatan Rapat Kerja Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) tahun 2019. Kegiatan Rapat Kerja FPTVI berlangsung pada tanggal 21 hingga 23 Maret 2019 di Convention Hall Universitas Andalas (Unand).

Koordinator Program Diploma III FEUA, Dr. Rita Rahayu, SE., M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan FPTVI terdiri dari rangkaian acara, yaitu rapat kerja; seminar nasional; workshop dan olimpiade bisnis - ekonomi. 150 peserta semi final, 50 paper yang akan dipresentasikan pada hari pertama.

Dr. Harif Amali Rivai, SE., M.Si selaku Dekan FEUA dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini Program Diploma III di Unand masih menyatu dengan Fakultas Ekonomi Unand.

“Namun dalam menghadapi perubahan dan tantangan pendidikan kedepan Program Diploma III sudah dalam proses menjadi Program Pendidikan Vokasi yang mandiri,” tambah Dekan.

Selanjutnya, Dekan juga menerangkan bahwa saat ini Fakultas Ekonomi sedang menjalankan mandat dari Kemenristekdikti untuk menyelenggarakan pendidikan Diploma IV. “Saat ini prosesnya sudah berjalan dan menunggu keputusan Kemenristekdikti,” lanjutnya

Tema kegiatan raker FPTVI tahun 2019 ini adalah “Penguatan Kompetensi Berbasis Digitas di Era Industri 4.0” dan yang menyampaikan keynote speech adalah Prof. Dr. Elfindri, SE., MA.

Guru Besar Ekonomi SDM Fakultas Ekonomi Unand ini mengelompokkan kemampuan yang dituntut dunia kerja pada 21st Century, yaitu life skills; workforce skills, applied skills, personal skills, interpersonal skills dan non-cognitive skills

Setelah acara pembukaan, rangkaian kegiatan hari pertama rapat kerja FPTVI berlanjut dengan paper presentation seminar nasional; semi final olimpiade akuntansi, keuangan dan perpajakan;  lomba vlog destinasi wisata/produk lokal; english public speaking competition; e-sport gaming competition.

Read 1777 times Last modified on Kamis, 21 Maret 2019 15:56