Dr. Sobri Abusini, MT Beri Kuliah Network Analysis di FEUA

16 Maret 2019

Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FEUA) mengundang Dr. Sobri Abusini, MT sebagai narasumber pada kuliah tamu di FEUA pada tanggal 15 Maret 2019. Dr. Sobri Abusini, MT merupakan dosen di jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Brawijaya Malang.

Tema kuliah tamu oleh Dr. Sobri Abusini, MT di ruang sidang dekanat FEUA ini adalah “Network Analysis”. Dr. Sobri menjelaskan bahwa Network Analysis merupakan suatu perpaduan pemikiran yang logis, digambarkan dengan suatu jaringan yang berisi lintasan-lintasan kegiatan dan memungkinkan pengolahan secara analitis.

Menurut Dr. Sobri, aplikasi Network Analysis atau jaringan kerja pada permasalahan ekonomi digunakan dalam perencanaan pembangunan dari satu tahap ke tahap selanjutnya, sehingga dapat selesai tepat waktu.

Salah satu prosedur yang telah dikembangkan berdasarkan jaringan kerja untuk mengatasi permasalahan pengelolaan suatu proyek adalah PERT (Project Evaluation and Review Technique) dan CPM (Critical Path Method).

Lebih lanjut Dr. Sobri memaparkan beberapa tujuan dari sistem ini, diantaranya adalah untuk menentukan probalitas kemungkinan tercapainya batas waktu proyek; untuk menetapkan kegiatan mana yang menjadi bottlenecks; untuk mengevaluasi akibat dari perubahan program dan untuk mengevaluasi akibat dari terjadinya penyimpangan pada jadwal proyek.

Kuliah tamu “Network Analysis” ini tidak hanya dihadiri oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Ekonomi tapi juga diikuti oleh dosen dan  mahasiswa dari Fakultas MIPA Universitas Andalas.

Read 136 times