Workshop dan Kuliah Umum Kurikulum Pengauditan

14 Agustus 2019

Pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2019, Jurusan Akuntansi  Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FEUA) menggelar kegiatan workshop dan kuliah umum “Kurikulum Pengauditan”. Narasumber pada kegiatan workshop dan kuliah umum ini adalah Agung Nugroho Soedibyo. Agung Nugroho Soedibyo merupakan salah seorang Senior Partner di RSM Indonesia. Selain itu, Agung juga merupakan anggota komite organisasi Indonesian Monitoring Committee untuk ASEAN Chartered Professional Accountant (CPA) dan ASEAN Coordinating Committee of Professional Chartered Accountant.

Workshop kurikulum pengauditan diselenggarakan di ruang seminar gedung III FEUA pada tanggal 13 Agustus 2019 dan diperuntukkan bagi akademisi dan praktisi dari perguruan tinggi di wilayah Sumatera Barat. Sementara itu, kuliah umum pengauditan di laksanakan di ruang seminar gedung F Universitas Andalas pada tanggal 14 Agustus 2019. Kuliah umum ini diperuntukkan bagi mahasiswa aktif di jurusan akuntansi FEUA.

Dr. Harif Amali Rivai, SE., M.Si selaku Dekan FEUA dalam sambutannya mengatakan bahwa workshop dan kuliah umum kurikulum pengauditan ini akan membantu menambah wawasan akademisi dan praktisi serta mahasiswa tentang pengauditan di era revolusi industry 4.0. Selain itu, workshop ini juga dapat menjadi panduan dalam mengupdate dan meningkatkan kurikulum dan mata kuliah di jurusan akuntansi FEUA.

“Dari data yang saya baca jumlah auditor di Indonesia berjumlah sekitar 4000 auditor, tapi auditor yang punya izin akuntan public itu hanya sekitar 1400 orang,  apalagi  yang levelnya sudah naik ke ASEAN CPA,”ungkap Dekan.

Dekan juga menyampaikan harapan agar para auditor yang ada di Indonesia khususnya di Sumatera Barat untuk meningkatkan kapasaitasnya pada level regional maupun internasional.

Agung Nugroho Soedibyo menyampaikan bahwa perkembangan teknologi mendorong bisnis berubah secara drastic. Perkembangan teknorogi pada dunia bisnis tersebut menyebabkan praktik akuntansi dan pengauditan menjadi terpengaruh. Selain itu, pengajaran pengauditan juga harus menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi yang pesat tersebut agar bisa menyiapkan input yang berkualitas bagi dunia bisnis.

“Untuk itu diperlukan pemutakhiran pengetahuan dosen dosen akuntansi, khususnya pengauditan, dari sumber tangan pertama,” ujar Agung dalam kegiatan workshop.

Berbeda dengan kegiatan workshop, pada kuliah umum yang diperuntukkan bagi mahasiswa Agung  Nugroho Soedibyo lebih menekankan pada hubungan antara perkembangan teknologi dan pengauditan. Agung membuka wawasan mahasiswa untuk berfikir kreatif dalam menghadapi tantangan revolusi industry 4.0.

Your future, your choice: Saya memilih, Saya dipilih atau ikut arus” ungkap Agung sebelum mengakhiri kuliah umumnya.

Read 88 times