Mahasiswa Universiti Malaysia Kelantan Berkunjung ke FE Unand

07 Februari 2019

Sebanyak delapan orang mahasiswa dari Fakulti Keusahawanan dan Perniagaan (FKP), Universiti Malaysia Kelantan (UMK)melakukan kunjungan ke Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FE Unand). Kunjungan ini merupakan lawatan balasan dari pihak Universiti Malaysia Kelantan seteleh menerima mahasiswa Universitas Andalas yang mengikuti program KKN (Kuliah Kerja Nyata) Internasional di Malaysia dan Vietnam pada tahun 2018.

Tujuan lawatan balasan mahasiswa FKP-UMK pada tanggal 06 Februari 2019 ini adalah untuk bertukar informasi dan pengetahuan dalam kegiatan sharing session “Kewirausahaan” bersama dosen dan mahasiswa FE Unand yang telah melakukan start-up bisnis.

Asmi Abbas, SE, MM dan Donard Games, SE, M.Bus, Ph.D merupakan dosen kewirausahaan di Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FEUA) membuka sharing session dengan penjabaran sekelumit tentang kewirausahaan di Universita Andalas.

Asmi Abbas yang juga merupakan kepala UPT Kewirausahaan Unand menyampaikan bahwa Unand secara konsisten mendukung dan mendorong mahasiswa untuk menjadi entrepreneur. Beberapa upaya yang telah dilakukan oleh Unand dalam rangka mendukung program entrepreneurship adalah mendirikan entrepreneurship center, public lecturer, training, exhibition dan competition on entrepreneurship.

Selanjutnya, Donard Games yang juga merupakan Kaprodi Manajemen FE Unand menambahkan bahwa saat ini di Unand terdapat 82 produk yang dalam proses komersialisasi. Saat ini, Unand telah mempunyai inkubator bisnis dan Science Techno Park (STP). Inkubator bisnis merupakan tahap pematangan start-up mahasiswa Unand. Lebih lanjut Donard Games menjelaskan bahwa setelah melalui proses pembinaan di inkubator bisnis, start-up akan melalui tahap pengembangan dan komersialisasi publik di STP Unand.

Setelah penjabaran oleh Asmi Abbas dan Donard Games, sharing session berlanjut dengan diskusi antara mahasiswa Fakulti Keusahawanan dan Perniagaan (FKP) Universiti Malaysia Kelantan dengan mahasiswa Fakultas Ekonomi Unand yang telah melakukan start-up bisnis.

Read 43 times