DJPK Goes to Campus Unand

09 November 2018

 

Kamis, 8 November 2018 Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FEUA) menggelar kegiatan DJPK goes to campus. DJPK goes to campus berlangsung di ruang seminar gedung Perpustakaan Universitas Andalas.

Kegiatan DJPK goes to campus dimeriahkan dengan kegiatan edukasi, sosialisasi dan games. Kuliah umum dengan tema “Optimalisasi Desentralisasi Fiskal dalam Mendukung Pembangunan Daerah yang Berkelanjutan” merupakan salah satu program edukasi sekaligus sosialisasi DJPK.

Wakil Dekan I FEUA, Dr. M. Nazer, SE., MA. dalam sambutannya menyampaikan bahwa topik “desentralisi” ini sangat penting, karena desentralisasi telah berlangsung sejak tahun 2000 hingga saat ini. “Pertanyaannya adalah apakah tujuan awal desentralisasi ini sudah tercapai,” ujar Wakil Dekan I FE.

Narasumber dalam kuliah umum ini adalah Ria Sartika Azahari. Ia merupakan Direktur Evaluasi Pengelolaan dan Informasi Keuangan Daerah, DJPK, Kementerian Keuangan RI. 

Mengawali pemaparan materinya, Ria Sartika Azahari berkata, “Kita saat ini memegang estafet kemerdekaan dan bertanggung jawab untuk membawa Indonesia makin mendekati tujuan kemerdekaannya.”

Selanjutnya narasumber juga menerangkan bahwa DJPK merupakan salah satu unsur di Kementerian Keuangan yang mempunyai tanggung jawab untuk mengatur atau mengelola penggunaan sebagian dari APBN pembangunan didaerah.

“APBN adalah instrumen kebijakan fiskal untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” lanjutnya.

Ria Sartika Azahari juga menyampaikan bahwa pembangunan nasional masih menghadapi banyak tantangan. Beberapa diantaranya adalah pertumbuhan ekonomi nasional yang masih rendah, ketimpangan kontribusi PDB ADHB tiap daerah dan tingkat kemiskinan tiap daerah yang bervariasi.

Selain kuliah umum oleh Ria Sartika Azahari, DJPK goes to campus juga disemarakkan dengan games edukatif yang berkaitan dengan materi kuliah umum. Mahasiswa yang berhasil menjawab pertanyaan mendapat souvenir dari panitia DJPK goes to campus.

Read 135 times Last modified on Jumat, 09 November 2018 16:38