Jurusan Akuntansi Gelar Seminar Nasional “Peran Akuntan dalam Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi”

02 November 2018

Padang, 1 November 2018, Forum Komunikasi Keluarga Besar Akuntan (FKKBA) Universitas Andalas (Unand) berkolaborasi dengan jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Unand menggelar Seminar Nasional. Seminar Nasional bertajuk “Peran Akuntan dalam Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi” berlangsung di gedung Convention Hall Unand, Kampus Limau Manis.

Rektor, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE., MBA dalam sambutannya mengungkapkan bahwa peran akuntan sangat penting sekali dalam mencegah tindakan koruptif terutama dalam penyusunan laporan keuangan yang tepat dan akurat. Selain itu, Rektor juga menyampaikan bahwa Unand telah melakukan sosialisasi gerakan anti korupsi kepada civitas akademika Unand serta mengaplikasikan good governance dalam tata kelola Univesitas agar terhindar dari perilaku-perilaku koruptif.

“Lebih baik kita memulai kampanye anti korupsi dari perilaku kita di Rumah Tangga” ujar Rektor

Rektor mengajak peserta seminar nasional untuk memperhatikan gaya hidup yang merupakan salah satu penyebab munculnya perilaku koruptif.

Senada dengan Rektor, Dekan Fakultas Ekonomi menyampaikan bahwa tema seminar nasional ini sangat up to date dengan pemberitaan media terkait kasus-kasus korupsi terkini di Indonesia.

“Kesempatan kali ini, Kita mendengarkan paparan secara langsung dari praktisi yang berkompeten yang akan memberikan pencerahan dan menambah pengetahuan pada kelemahan-kelemahan yang mungkin selama ini tidak kita sadari,” ungkap Dekan.

Seminar Nasional ini merupakan bagian dariangkaian acara Accountino Memorable Reunion 2018 (AMR 2018) peringatan 40 tahun jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Unand (FEUA). Puncak kegiatan AMR 2018 dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE., MBA dan dihadiri oleh Ketua FKKBA, Perwakilan Perguruan Tinggi, Perwakilan SKPD Kabupaten dan Kota, Perwakilan BPK RI, Perwakilan Mitra Kerja Unand, Dosen dan tamu undangan.

Narasumber pada Seminar Nasional ini adalah I Nyoman Wara (Auditor Utama Investigasi BPK RI), Arman Sahri Harahap (Kepala Perwakilan BPK Sulawesi Selatan), Agung Nugroho Sudibyo (Senior Partner KAP Amir Abadi Jusuf, Aryanto Mawar dan Rekan RSM Indonesia), Herry Muryanto (Deputi Bidang Pengawasan Intenal dan Pengaduan Masyarakat (PIPM) KPK) dan Dr. Efa Yonnedi, SE., MPPM., Ak (Dosen jurusan Akuntansi FEUA). Bertindak sebagai moderator dalam seminar yang berpola diskusi panel ini adalah Prof. Dr. Eddy R. Rasyid, SE., M.Com (Hons), Ak.

Read 223 times