Kuliah Umum “Strategi BUMN Menyongsong Era Industri 4.0” oleh Dr. Sugiharto

15 Februari 2018

Kamis, 15 Februari 2018 Universitas Andalas (Unand) kembali mengadakan kuliah umum bagi mahasiswa-mahasiswi di lingkungan Universitas Andalas (Unand). Kuliah umum yang bertempat di gedung Convention Hall Unand bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Unand dengan menhadirkan narasumber dari kalangan akademisi dan praktisi yang sangat berkompeten.

Pada kuliah umum kali ini, Unand mengundang Dr. Sugiharto untuk memberikan kuliah umum dihadapan mahasiswa-mahasiswi, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Unand. Kuliah umum ini juga dihadiri oleh jajaran pimpinan Fakultas di lingkungan Unand.

Ir. Insannul Kamil, M.Eng., Ph.D yang merupakan Dekan Fakultas Teknik Unand bertindak sebagai moderator pada kuliah umum ini. Insannul Kamil menyampaikan bahwa topik pada kuliah umum oleh Dr. Sugiharto adalah “Strategi BUMN Menyongsong Era Industri 4.0.”

Di era industri 4.0 atau revolusi industri keempat, perkembangan dan penerapan teknologi informasi di bidang keuangan (Financial Technology) telah memunculkan berbagai model keuangan baru.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai salah satu kontibutor penting dalam APBN juga harus siap menghadapi revolusi keempat (4.0) ini. Menyikapi hal tersebut, Unand mengundang Dr. Sugiharto yang merupakan Menteri BUMN Periode 2004-2007 untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa Unand tentang strategi yang diterapkan BUMN dalam menghadapi era Industri 4.0.

Dr. Sugiharto dalam kuliah umumnya memaparkan beberapa pokok bahasan seperti anatomi BUMN, peranan BUMN dalam pembangunan, tantangan BUMN di era Industri 4.0, strategi kebijakan BUMN kedepan dan beberapa permasalahan BUMN yang perlu diselesaikan.

Pada kuliah umum ini, Dr. Sugiharto juga memberikan motivasi kepada mahasiswa Unand untuk giat menuntut ilmu dan mengembangan potensi diri untuk meraih kesuksesan. Selain itu Dr. Sugiharto juga mengajak mahasiswa Unand untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas setiap prestasi yang telah diraih.

                                                                                                                       

Read 218 times Last modified on Kamis, 15 Februari 2018 15:15