Unand Menjadi Tuan Rumah BI Goes To Campus  “Cinta Rupiah”

07 Desember 2017

 

Universitas Andalas (Unand) menjadi tempat penyelenggaraan terakhir dalam rangkaian 6 (enam) kota BI Goes To Campus (BIGTC). Kegiatan BIGTC diselenggarakan pada tanggal 6 dan 7 Desember 2017 di Convention Hall dan Gedung Auditorium, Kampus Limau Manis Unand, Padang.

Bank Indonesia bekerjasama dengan NET Media dan Unand untuk mengkampanyekan gerakan “Cinta Rupiah” kepada mahasiswa di lingkungan Unand yang merupakan generasi muda intelektual. Selain itu, kegiatan BIGTC juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terutama mahasiswa terkait tugas pokok dan fungsi Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia.

Dekan Fakultas Ekonomi Unand, Dr. Harif Amali Rivai, SE., M.Si dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Bank Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada Universitas Andalas sebagai salah satu  perguruan tinggi tempat penyebaran informasi tentang tugas dan fungsi Bank Indonesia serta sosialisasi gerakan “Cinta Rupiah”.

“Gerakan “Cinta Rupiah” merupakan upaya pemerintah melalui Bank Indonesia untuk meningkatkan kepercayaan kepada mata uang Republik Indonesia terutama bagi pelaku-pelaku bisnis serta meningkatkan kecintaan terhadap uang rupiah dengan menjaga dan memeliharanya.” tambahnya.

Dekan juga menyampaikan bahwa beberapa fakultas di Unand juga telah menjalin kerjasama denga Bank Indonesia khususnya di bidang research dan on campus recrutment. Kegiatan BIGTC 2017 ini diharapkan juga dapat memberikan pencerahan kepada mahasiswa di Unand tentang peluang karir di Bank Indonesia.

Selanjutnya, Endy Dwi Tjahjono selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat dalam sambutannya menyampaikan sekilas mengenai perkembangan Bank Indonesia serta tugas dan fungsi Bank Indonesia. Ia juga menyampaikan bahwa dalam menjaga stabilitas perekonomian Indonesia, Bank Indonesia telah mendirikan 45 Kantor Perwakilan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke.

Lebih lanjut, Endy Dwi Tjahjono menjelaskan bahwa Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Provinsi Sumatera Barat merupakan kantor perwakilan pertama yang dibangun di luar Pulau Jawa dan telah berdiri sejak tahun 1964.

Setelah acara pembukaan, kegiatan BIGTC 2017 pada hari pertama berlanjut dengan Kuliah Umum dan Focus Group Discussion (FGD). Kuliah umum dengan tema “Cinta Rupiah” dihadiri oleh tim dari Bank Indonesia pusat dan Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumatera Barat, Dekan Fakultas Hukum dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unand, dosen dan mahasiswa di lingkungan Unand serta tamu undangan dari PTN dan PTS di Kota Padang.

Pemaparan kuliah umum diberikan oleh dua orang narasumber yaitu Apriana Damayanti (Asisten Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI) dan Nurkholisoh Ibnu Aman (Manajer Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI). Sementara itu, FGD diikuti oleh para dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi Unand dan jajaran Bank Indonesia.

 

Read 42 times Last modified on Kamis, 07 Desember 2017 09:36