Workshop Kewirausahaan dan Business Plan Competition

23 November 2017

Pada tanggal 21 November 2017, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (Unand) mengadakan workshop kewirausahaan dan business plan competition di ruang seminar gedung III Fakultas Ekonomi Unand.

Kegiatan workshop ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa di lingkungan fakultas ekonomi tetapi juga diikuti oleh mahasiswa dari beberapa fakultas di lingkungan Unand. Narasumber pada workshop ini adalah Adika  Mario, SE., MM (Owner Amara Cake) dan Alifinando (Owner Awakening Apparel).

Dr. Donard Games, SE. M.Bus menjelaskan bahwa workshop ini bertujuan untuk memotivasi dan meningkatkan jiwa entrepreneurship mahasiswa Universitas Andalas. Menurut Donard, mahasiswa yang hadir pada workshop ini terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah mahasiswa yang belum memahami konsep entrepreneurship dan kelompok kedua adalah peserta yang sudah memahami konsep entrepreneurship tetapi belum berani untuk melangkah lebih jauh (start up business). “Kewirausahaan bukan soal jumlah, kedudukan, pekerjaan atau karir tapi lebih ke unsur mentalitas,” ujar Donard.

Adika dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa sebelum memulai bisnis, kenali terlebih dahulu potensi diri.  Mulailah melakukan bisnis dari hal-hal yang sederhana dan tambahkan unsur kreatifitas dan inovasi pada produk guna meningkatkan nilai dari produk yang dijual.

Selanjutnya, Alifinando dalam presentasinya menyampaikan bahwa untuk memulai sebuah bisnis, calon calon entrepreneur harus memantapkan lima aspek, yaitu brand building, brand image, brand market, brand promo dan goal.

Setelah pemaparan materi oleh narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan kontes business plan. Pada kesempatan ini,  lima proposal bisnis dipresentasikan oleh masing-masing pengusul proposal dihadapan dewan juri. Berdasarkan hasil penilaian oleh dewan juri, maka diperoleh tiga proposal terbaik. Pemenang dari Business Plan Competition tahun 2017 ini adalah proposal bisnis “cekpeta.id” oleh Afdal Andriko. Peringkat kedua jatuh pada proposal bisnis “Mix KJU” oleh Febrian Ramadhani dan peringkat ketiga diraih oleh Nofrita Sari dengan proposal bisnis berjudlul “Kaligrafi Karya Nofri.”

Read 59 times