Preheating Annual International Forum on Economic Development and Public Policy (AIFED) 2017

25 Oktober 2017

Selasa, 24 Oktober 2017 Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Republik Indonesia bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (Unand) mengadakan seminar “Preheating Annual International Forum on Economic Development and Public Policy (AIFED) 2017” di Ruang Pertemuan Gedung Perpustakaan Unand, Padang.

Kegiatan seminar ini dihadiri oleh Adriyanto, PhD (Kepala Pusat Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan), Drs. Ade Rohman,M.Si (Kepala Kantor Wilayah DJPBN Provinsi Sumatera Barat), para narasumber, mahasiswa Fakultas Ekonomi Unand, dan pelaku usaha di Kota Padang.

Adriyanto, PhD dalam sambutannya menyampaikan bahwa seminar preheating AIFED 2017 ini merupakan rangkaian acara persiapan Seminar International Annual International Forum on Economic Development and Public Policy (AIFED) yang akan diselenggarakan pada tanggal 7 dan 8 Desember 2017 di Bali.

Adriyanto, PhD menyampaikan harapan agar seminar ini dapat menghasilkan masukan-masukan yang akan berguna bagi pemerintah dalam proses menganalisis dan membuat kebijakan di masa depan, khususnya terkait kebijakan fiskal. Selain itu, pemerintah juga akan memperoleh gambaran seberapa besar dampak teknologi terhadap produktivitas dan kesenjangan.

Tema dari seminar yang digelar oleh Kementerian Keuangan ini adalah “Riding The Waves of Technological Changes: The Way Forward to Drive Productivity and Alleviate Inequality” yang dibagi menjadi dua sesi dengan pembahasan kajian mengenai “Pemanfaatan Teknologi Maju dalam Industri Manufaktur” pada sesi pertama dan “Mendorong Pertumbuhan E-Commerce di Indonesia” pada sesi kedua.

Sesi pertama dimoderatori oleh Dr. Sri Maryati, SE., MA (Dosen Fakultas Ekonomi Unand) dengan narasumber Yasir Niti Samudro (Peneliti BKF Kementerian Keuangan RI) dan Ir. Firdaus, MM (Direktur Produksi PT. Semen Padang). Pada sesi kedua yang bertindak sebagai moderator adalah Dr. Hefrizal Handra, M.Soc.Sc (Dosen Fakultas Ekonomi Unand) dan narasumber Dr. Cornelius Tjahjaprijadi (Peneliti BKF Kementerian Keuangan RI) Dr. Vera Pujani, SE., MMTech (Dosen Fakultas Ekonomi Unand)

Dr. Harif Amali Rivai, SE., M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi Unand dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema yang diangkat dalam seminar preheating AIFED 2017 sangat relevan dengan era transisi revolusi industri yang ke-4 dimana segala aktifitas berbasis internet. “Transaksi perdagangan pun telah bergeser dari pola konvensional ke era digital atau e-commerce dan nilai transaksi e-commerce diprediksi akan meningkat sekitar 30% atau 40% pada tahun 2017” ujar Dekan.

Dekan juga mengajak agar peserta seminar dapat memanfaatkan kesempatan berdiskusi dengan para narasumber dalam membahas peran teknologi agar mampu mengatasi ketimpangan yang ada dalam sebuah negara. “Jika pemerataan teknologi terlaksana maka seluruh daerah akan memiliki informasi dan resources yang sama sehingga tingkat kesejahteraan akan semakin merata”, ungkap Dekan.

Read 1328 times