Research and Scientific Publication Workshop

24 Agustus 2017

Salah satu upaya strategis untuk meningkatkan kemampuan riset dan publikasi ilmiah sivitas akademika, khususnya dosen dan peneliti perguruan tinggi maka diperlukan sebuah lokakarya (workshop) yang membahas isu-isu dan tren terbaru riset keuangan dan perbankan. PT. Bank HSBC Indonesia bekerjasama dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF), Sampoerna University, Universitas Andalas dan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) menggelar kegiatan Research And Scientific Publication Workshop:Redirecting Banking and Finance for Development pada tanggal 23 dan 24 Agustus 2017 di Aula Gedung Pascarsajana, Universitas Andalas.

Acara pembukaan dihadiri oleh Rektor Sampoerna University, Dekan Fakultas Bisnis Sampoerna University, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Bisnis Sampoerna University, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Direktur Program INDEF, Direktur Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA), Ketua Koordinator RJI dan peserta workshop yang berasal dari perguruan tinggi di Sumatera Barat dan sekitarnya.

Dr. Wahdi Yudhi selaku Rektor Sampoerna University dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia masih tertinggal jauh dalam hal publikasi di jurnal internasional. Hal ini yang mendorong Putera Sampoerna Foundation melalui Sampoerna University dan didukung oleh Bank HSBC untuk mengadakan lokakarya (workshop) selama dua hari ini yang diharapkan dapat menjadi sebuah ajang belajar sekaligus sebuah medium bagi para dosen dan peneliti dan pengambil kebijakan di Indoensia untuk saling bertukar pikiran dan ide-ide terbaru tentang isu-isu yang berkembang dalam pembangunan sektor keuangan dan perbankan.

“Pembanguan ideal sebuah negara berjalan seiring dengan penguatan dalam bidang ilmu pengetahuan, temuan akan teori baru serta pengembangan yang menjadi hasil penelitian ilmiah selayaknya dapat menjadi referensi yang mampu mendukung penguatan di sektor ekonomi dan sosial Indonesia serta berujung pada peningkatan kualitas dan daya saing bangsa” tambahnya.

Selanjutnya Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas menyampaikan ucapan selamat datang di Universitas Andalas kepada pihak Sampoerna University, HSBC, RJI dan peserta workshop. Dekan menyampaikan bahwa salah satu upaya untuk mengatasi kendala dalam mengelola publikasi karya ilmiah adalah dengan bekerjasama dengan fakultas dan perguruan tinggi lain untuk saling tukar menukar tulisan atau mitra bestari sesama jurnal.

Workshop dengan tema “Research And Scientific Publication: Redirecting Banking and Finance for Development” sangat tepat untuk diselenggarakan dengan merujuk pada perkembangan industri Financial Technology (Fintech) dan Islamic Banking di Indonesia saat ini. Hal ini menjadi peluang dan tantangan sendiri bagi industri perbankan di Indonesia dan para peneliti untuk melakukan penelitian lebih mendalam.

Narasumber pada hari pertama workshop ini adalah Dr. Berly Martawardawa (Direktur Program INDEF), Dr. M. Fany Alfarisi (Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas), Wahyu Trenggono,SE,MM (Direktur IBPA) dan yang bertinda sebagai moderator adalah oleh Dr. Ivan Butar Butar (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Bisnis Sampoerna University).

Dr. Ivan Butar Butar selaku moderator workshop memberikan waktu sekitar 30 hingga 40 menit kepada masing-masing narasumber dan setelah semua narasumber memaparkan materinya, para peserta workshop mendapat kesempatan untuk berdiskusi terkait dengan materi yang telah diberikan oleh narasumber.

Berly Martawardawa menjabarkan materi dengan topik “Topik Riset High Impact dan Menarik”, Dr. M. Fany Alfarisi menjabarkan materi dengan topik “Research in Islamic Finance: creating a niche area” dan Wahyu Trenggono,SE,MM menjabarkan materi dengan topik “Tantangan Pasar Sukuk Indonesia”.

 

Read 160 times