FDASP Gelar Pertemuan Tahunan di Fakultas Ekonomi Universitas Andalas

01 Agustus 2017

Forum Dosen Akuntansi Sektor Publik (FDASP) merupakan forum komunikasi antar Dosen Akuntansi Sektor Publik yang beranggotakan Dosen dan Akademisi Akuntansi Sektor Publik yang berasal dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia. FDASP setiap tahun rutin mengadakan pertemuan ilmiah tahunan dengan serangkaian kegiatan ilmiah. Pada tahun 2017 ini, FDASP diselenggarakan di Universitas Andalas tepatnya di Fakultas Ekonomi selama dua hari yaitu pada tanggal 27 dan 28 Juli 2017.

Acara pembukaan pertemuan tahunan FDASP 2017 dihadiri oleh Wakil Rektor I, Dekan dan Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi, anggota FDASP dan mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi Unand. Pada kesempatan ini Wakil Rektor I Unand, Prof. Dr. Dachriyanus, Apt membuka secara langsung pertemuan tahunan FDASP 2017 yang berlangsung di Ruang Seminar Gedung I Unand.

Dr. Harif Amali Rivai, SE., M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi Unand mengucapkan apresiasi kepada Forum Dosen Akuntansi Sektor Publik (FDASP) yang telah memilih Fakultas Ekonomi Unand sebagai tuan rumah pertemuan tahunan FDASP tahun 2017.

Setelah acara pembukaan, pertemjuan tahunan FDASP dilanjutkan dengan penyampaian Keynote Speech oleh Prof. Chris Patel dari Department of Accounting and Corporate Governance, Macquarie University. Prof. Chris Patel menyampaikan materi dengan topik “Adoption of International Public Sector Accounting Standards (IPSAS): What Have We Learned”.

Setelah pemaparan keynote speech oleh Prof. Chris Patel, acara dilanjutkan dengan seminar dengan narasumber dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), yaitu Eko Prasetyo yang merupakan Direktur Utama LPDP. LPDP merupakan instansi pemerintah yang menerapkan pola keuangan Badan Layanan Umum berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 18/KMK.05/2012 tanggal 30 Januari 2012. Dalam seminar sehari ini, Eko Prasetyo memaparkan materi tentang “Peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Publik” dipandu oleh Dr. Efa Yonnedi, SE., MPPM, Ak yang bertindak sebagai moderator.

FDASP tahun 2017 yang terdiri dari empat kegiatan utama, yaitu seminar, kolokium doktor, sesi parallel presentasi hasil penelitian dan bedah buku bidang akuntansi sektor publik berlanjut pada hari berikutnya dengan menghadirkan dua orang narasumber yaitu Zainuddin (Kepala DPKAD Provinsi Sumatera Barat) dan Hansastri (Kepala Bappeda Sumatera Barat).

FDASP 2017 memberikan kesempatan bagi akademisi dan praktisi akuntan di entitas pemerintahan untuk mengkomunikasikan dan mempublikasikan hasil penelitiannya.

 

Read 175 times