Rizki Muhadi mahasiswa angkatan 2013 jurusan Manajemen Kelas Internasional Fakultas Ekonomi Universitas Andalas mengikuti program Student Mobility and Research Training di Gifu University, Jepang.

Kegiatan Student Mobility and Research Training yang diikuti Rizki ini berlangsung selama satu bulan yaitu dari tanggal 25 Maret  sampai 24 April 2017. Selama lebih kurang satu bulan menimba ilmu di Gifu University, Rizki tidak hanya sit in di Agribusiness Management and Economics Department tetapi Rizki juga akan melakukan sebuah penelitian berjudul “The Influence of TV Advertising and Brand Equity towards Purchase Decision". Hasil penelitian ini akan akan dipresentasikan di Gifu University pada minggu terakhir program Student Mobility and Research Training ini.

Program Student Mobility and Research Training  ini merupakan salah satu program rutin yang dilakukan oleh Gifu University untuk mengundang mahasiswa luar negeri berkunjung ke salah satu Universitas Negeri di Negara Sakura tersebut. Rizki mengungkapkan bahwa tujuan ia mengikuti kegiatan student mobility ini selain untuk meningkatkan kemampuan akademis juga bertujuan untuk lebih mengenal kebudayaan Jepang yang merupakan negara dengan perekonomian terkuat di Asia dan salah satu yang terkuat di dunia. “Selain itu saya juga ingin mempraktikan bahasa Jepang yang sudah saya pelajari sejak tahun 2016,” ungkap Rizki.

Rizki Muhadi yang juga merupakan salah satu mahasiswa penerima beasiswa IYLSP PAITON ENERGY 2015 menyampaikan bahwa ia memanfaatkan beasiswa tersebut untuk membiayai program Student Mobility and Research Training di Gifu University. Lebih lanjut, Rizki menjelaskan bahwa penerima beasiswa IYLSP PAITON ENERGY 2015 batch 2015-2017 berjumlah 12 (dua belas) orang yang berasal dari berbagai Universitas terkemuka di Indonesia, dan dari Universitas Andalas terdiri dari dua orang yaitu Rizki dan Anika Putri (mahasiswi jurusan Teknik Elekro).

Beberapa kegiatan yang diikuti Rizki selama di Gifu University adalah mengikuti kelas (sit in) Agribusiness Management and Economic, research training dengan topik "The Influence of TV Advertising and Brand Equity towards Purchase Decision”, mengikuti kelas Bahasa Jepang, dan presentasi hasil penelitian. Melalui kegiatan tersebut, Rizki berharap dapat belajar tentang sistem pendidikan di Jepang dan nilai-nilai positif yang berguna tidak hanya bagi Rizki sendiri tetapi juga untuk orang lain agar suatu saat Indonesia bisa mengikuti Jepang menjadi negara maju.

Read 305 times