Hima Jurusan Akuntansi Selenggarakan Semnas Financial Technology

03 April 2017

Sabtu, 1 April 2017 Himpunan mahasiswa (Hima) jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (Unand) mengadakan kegiatan seminar nasional di Convention Hall Unand.

Kegiatan seminar nasional yang mengusung tema “Financial Technology” ini merupakan rangkaian acara Accounting Week tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Hima jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Unand.

Seminar nasional ini diikuti mahasiswa di lingkungan Universitas Andalas dan para finalis Paper Competition yang telah diselenggarakan pada hari sebelumnya. Seminar nasional ini juga dihadiri oleh Ketua Jurusan Akuntansi, perwakilan Forum Komunikasi Keluarga Besar Akuntans (FKKBA) Unand, narasumber dan tamu undangan.

Ketua Jurusan Akuntansi, Dr. Rahmat Febrianto, SE, Ak, M.Si dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Forum Komunikasi Keluarga Besar Akuntan (FKKBA) Unand yang telah men-support Hima jurusan Akuntansi dalam penyelenggaraan kegiatan Accounting Week 2017. Selain itu Ketua jurusan juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh sponsor dan media partner yang telah menyokong acara Accounting Week 2017.

Selain itu, Ketua Jurusan juga menyampaikan harapan agar peserta seminar nasional dapat memperoleh wawasan baru tentang Financial Technology  dan Optimasi Ekonomi Indonesia dari narasumber yang sangat berkompeten.

Keynote Speaker pada seminar nasional ini adalah Bayu Husodo dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan narasumber Irwanto Laman (OJK), Riki Satria (Bank Indonesia), dan Mulyadi Indra (Telkomsel). Seminar nasional ini dimoderatori oleh Abdul Rahman Panjaitan yang merupakan mahasiswa akuntansi kelas internasional angkatan 2014.

Selanjutnya, Budi Husodo selaku keynote speaker menyampaikan sambutan dari Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad, PhD yang berhalangan hadir. Muliaman D. Hadad melalui Budi Husodo menyampaikan bahwa OJK sangat mendukung perusahaan rintisan (start up company) dalam mengembangkan ide inovatif termasuk inovasi dalam mengembangkan layanan jasa perbankan guna meningkatkan asksesibilitas dan inklusi maysrakat hingga ke seluruh pelosok wilayah indonesia, hal ini juga sejalan dengan program Gerakan Nasional 1000 Start up Digital yang dicanangkan oleh Presiden yang mengisyaratkan peningkatan produktifitas rakyat dan daya saing nasional mealui peningkatan kapasitas inovasi dan teknologi serta hasil-hasil pertumbuhan ekonomi kreatif.

Kemudian, acara seminar nasional dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh masing-masing narasumber yang dipandu oleh Abdul Rahman Panjaitan. Irwanto Laman menyampaikan materi tentang peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di era Fintech, Ricky Satria menyampaikan materi tentang peran Bank Indonesia di era Fintech dan Mulyadi indra menyampaikan materi tentang Consumer’s Mindset on Electronic Money (T-cash).

Read 240 times