Jonathan Evan Halim Menjadi Delegasi Terbaik di Konferensi RomeMUN 2017

24 Maret 2017

Gambar dari 


Jonathan Evan Halim merupakan mahasiswa aktif jurusan Akuntansi Kelas Internasional Fakultas Ekonomi Universitas Andalas tahun 2013. Jonathan tidak hanya aktif dalam kegiatan yang bersifat akademis tetapi ia juga aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan softskill-nya. Salah satu kegiatan terbaru yang diikuti oleh Jonathan adalah konferensi Rome Model United Nation (RomeMUN) 2017 pada tanggal 11 sampai 14 Maret 2017 di kota Roma, Italia.

Rome Model United Nations ( RomeMUN ) 2017 merupakan simulasi sidang PBB dimana setiap peserta akan mewakili dan merepresentasikan negara-negara anggota PPB sesuai dengan keadaan sosial politik negara tersebut. RomeMUN pada tahun ini merupakan yang ke-8 kali diadakan oleh Giovani nel Mondo Association. Tema yang diusung pada RomeMUN 2017 ini adalah "Empowering Youth Through Dialogue" yang mengajak anak-anak muda untuk menyuarakan ide dan solusi kreatif atas fokus pencapaian PBB dalam Sustainable Development Goals (SDGs).

Pada RomeMUN 2017 ini, Jonathan mewakilli Indonesia sebagai salah satu dari 10 delegasi Djarum Foundation untuk berkompetisi dalam diskusi dan debat untuk merepresentasikan negara Afrika Selatan dalam komite Food and Agricultural Organization (FAO). Jonathan Evan Halim bersama Narosu Siregar (delegasi Sumatera Utara) membahas SDGs 15 “Life on Land” yang membahas tentang pentingnya ekosistem tanah dan air serta pencegahan kekeringan untuk kelangsungan keanekaragaman hayati, pertanian berkelanjutan, serta pengetasan kemiskinan di seluruh dunia.

Pada saat itu, Jonathan menawarkan program AgroForestry sebagai salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang dibahas dalam forum yang dirancang menyerupai sidang PPB. Menurut Jonathan, AgroForestry mencakup pengembangan hutan di sekitar lahan pertanian, sertifikasi produk hasil hutan, serta biopori sebagai solusi untuk mengatasi kekeringan.

Pada ajang RomeMUN 2017 ini, delegasi Afrika Selatan yang direpesentasikan oleh Jonathan Evan Halim dan Narosu Siregar terpilih sebagai "Best Delegation in FAO Committee" dari 47 delegasi negara anggota PBB yang hadir pada saat itu.

Read 649 times Last modified on Jumat, 24 Maret 2017 09:57