Australian National University (ANU) Indonesia Project Mengadakan Seminar FKP di Fakultas Ekonomi Unand

23 Maret 2017

Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (Unand) bekerjasama dengan Tim Australian National University (ANU) Indonesia Project mengadakan seminar Forum Kajian Pengembangan (FKP) dengan tema “Rural Development” di ruang sidang Dekanat Fakultas Ekonomi Unand pada tanggal 22 Maret 2017.

Seminar FKP ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan I, dosen jurusan Ilmu Ekonomi dan mahasiswa program studi Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Unand.

Narasumber yang hadir pada seminar FKP ini adalah Budy P. Resosudarmo (Australian National University), Heni Kurniasih (SMERU Research Institute) dan Hefrizal Handra (Universitas Andalas).

Dekan dalam sambutannya menyampaikan bahwa seminar FKP ini merupakan rangkaian roadshow ANU Indonesia Project yang dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia dan bertujuan untuk membahas tentang kajian-kajian tentang kebijakan pemerintah terkait dengan rural development. Sharing hasil research tentang kajian-kajian kebijakan pemerintah Indonesia yang dilaksanakan oleh peneliti-peneliti dari ANU Indonesia Project. Selain itu, Dekan juga menyampaikan harapan agar mahasiswa program studi Doktor Ilmu Ekonomi memperoleh pencerahan dan update tentang ide-ide untuk penelitian dan disertasi.

Sebelum narasumber memaparkan materi mereka terkait “rural development”, Lydia Napitupulu yang merupakan staff ANU Indonesia Project menperkenalkan sekilat tentang Australian National Unuversity (ANU) Indonesia Project. Lydia menerangkan bahwa ANU Indonesia Project merupakan pusat penelitian internasional dibawah naungan Australian National University (ANu) yang fokus pada perekonomian, sosial, politik dan masyarakat. Hasil-hasil penelitian dari peneliti-peneliti ANU Indonesia Project dipublikasi dalam jurnal The Bulletin of Indonesian Economic Studies (BIES).

Narasumber yang mendapat kesempatan pertama menyampaikan materi adalah Budy P. Resosudarmo. Ia mempresentasikan materi dengan tema “Rural Development in Indonesia” dan dilanjutkan oleh Heni Kurniasih yang mempresentasikan materi dengan tema “Multiple institution in Community Foresty system transitions” kemudian Hefrizal Handra mempresentasikan materi dengan tema “Formula Dana Desa dan Pengentasan Kemiskinan”. Seteleh presentasi oleh narasumber, kegiatan seminar berlanjut dengan diskusi mengenai hasil-hasil penelitian yang dikemukakan oleh narasumber dalam presentasinya.

Read 508 times