Workshop “Rancang Bangun Metodologi Ekonomi Islam dan Penerapannya Pada Kuliah Mikro-Makro Islam” oleh Mohammad Soleh Nurzaman, S.E., MIDEc., PhD

02 Maret 2017

Semakin pesatnya perkembangan Perekonomian Islam di Indonesia menjadi daya tarik bagi Perguruan Tinggi khsususnya yang memiliki Fakultas Ekonomi untuk mengembangkan bidang ilmu ekonomi yang sesuai dengan prinsip syariah. Hal tersebut juga yang melatar belakangi diadakannya workshop “Rancang Bangun Metodologi Ekonomi Islam dan Penerapannya Pada Kuliah Mikro-Makro Islam” di ruang sidang dekanat Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (Unand) pada tanggal 2 Maret 2017.

Kegiatan workshop ini diikuti oleh dosen-dosen Fakultas Ekonomi dari beberapa Perguruan Tinggi di Sumatera Barat, Riau dan Jambi, seperti Universitas Negeri Padang, Universitas Dharma Andalas, IAIN Imam Bonjol, IAIN Batusangkar, Universitas Bung Hatta, Universitas Baiturrahmah, UPI-YPTK Padang, Politeknik Negeri Padang, Universitas Islam Riau, dan Universitas Jambi.

M. Fany Alfarisi selaku panitia penyelenggara kegiatan ini mengatakan bahwa workshop ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang landasan, filosofi dan paradigma ekonomi islam yang nantinya diharapkan dapat membantu pengajaran mata kuliah terkait ekonomi islam di kampus masing-masing peserta workshop. Selain itu, M. Fany Alfarisi juga menyampaikan harapan agar workshop ini menjadi medium untuk saling berinteraksi dan bediskusi serta mengembangkan mata kuliah – mata kuilah terkait ekonomi islam.

Workshop “Rancang Bangun Metodologi Ekonomi Islam dan Penerapannya Pada Kuliah Mikro-Makro Islam” dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Unand, Dr. Harif Amali Rivai, SE., M.Si. Dekan dalam sambutannya menyampaikan bahwa potensi  pengembangan ekonomi islam di Indonesia, khususnya di Provinsi Sumatera Barat masih sangat besar karena penduduknya yang mayoritas muslim. Selain itu, dari sisi praktis perkembangan dan pertumbuhan perbankan syariah jauh lebih cepat dari perbankan konvensional, hanya saja di indonesia baru mulai diperkenalkan pada tahun 1992.

Selanjutnya, Dekan menyampaikan harapan agar workshop ini dapat  meningkatkan kapasitas dosen terutama bagi dosen yang mempunyai interest dalam pengembangkan bidang  keilmuan yang berkaitan dengan ekonomi islam. Fakultas Ekonomi Unand juga sedang mempersiapkan SDM dan kurikulum untuk pembukaan program studi ekonomi islam.

Narasumber pada workshop “Rancang Bangun Metodologi Ekonomi Islam dan Penerapannya Pada Kuliah Mikro-Makro Islam” adalah Mohammad Soleh Nurzaman, S.E., MIDEc., PhD. Ia adalah dosen dan deputy director, Center of Islamic Economics and Business Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Mohammad Soleh Nurzaman diundang untuk memberikan sharing informasi dan pengetahuan terkait ekonomi islam yang telah dikembangkan di Universitas Indonesia.

Mohammad Soleh Nurzaman ini juga membahas hal-hal mendasar terkait bagaimana mengembangkan mata kuliah yang tidak hanya diperlukan untuk ilmu ekonomi tetapi juga berkaitan dengan keuangan syariah dan bisnis syariah. “Mata kuliah mendasar ini menjadi hal yang perlu disampaikan kepada mahasiswa sehingga mereka bisa lebih memahami konsep-konsep dan penerapan ekonomi islam secara lebih benar”, ungkap Mohammad Soleh Nurzaman.

Read 708 times