14 Agustus 2017

Lokakarya Penelitian dan Manajemen Publikasi Ilmiah

“Mengarahkan Keuangan dan Perbankan untuk Pembangunan”

(Research and Scientific Publication Management Workshop:

Redirecting Banking and Finance for Development)


Lokakarya yang membahas tren dan isu-isu terbaru riset keuangan dan perbankan adalah salah satu cara strategis untuk meningkatkan kemampuan riset dan publikasi ilmiah sivitas akademika, khususnya bagi para dosen dan peneliti perguruan tinggi. Merespon hal tersebut, HSBC Indonesia bersama-sama dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF), Sampoerna University, Universitas Andalas dan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) akan menggelar lokakarya penelitian dan manajemen publikasi ilmiah yang berjudul “Mengarahkan Keuangan dan Perbankan untuk Pembangunan” di Gedung F Universitas Andalas, pada 23-24 Agustus 2017.

Pada acara ini diundang pakar serta praktisi keuangan dan perbankan. Lokakarya ini akan membahas perkembangan terbaru, ide, dan topik-topik penelitian yang dapat digunakan para peserta untuk senantiasa up-to-datedan aplikatif dalam menulis artikel yang akan dipublikasikan di jurnal ilmiah bereputasi. Keberadaan jumlah peserta yang terbatas, yaitu 100 orang, diharapkan membuat lokakarya dapat berlangsung lebih intensif dan fokus serta memberikan dampak yang signifikan pada pemahaman dan pengetahuan keuangan dan perbankan serta pengelolaan publikasi ilmiah yang bereputasi dan berakses terbuka (open access).

Lokakarya ini juga menjadi langkah persiapan bagi para peserta untuk berpartisipasi dalam HSBC Indonesia Research Award (HIRA 2017) yang memberikan penghargaan bagi proposal-proposal riset (bestresearch proposals) dan artikel-artikel ilmiah terpublikasi terbaik (best published articles) di jurnal-jurnal nasional bereputasi dan berakses terbuka.

Kegiatan lokakarya ini diharapkan semakin menumbuhkan semangat dan lingkungan yang mendukung untuk “meneliti dan mempublikasi” bagi setiap sivitas akademika, serta makin mengeratkan kerjasama antar institusi (industri dan akademik) demi kemajuan bersama.

11 Agustus 2017

 

Padang, 8 Agustus 2017 jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (Unand) mengundang Prof. Dr. Abdul Rahim Abdul Rahman menjadi narasumber dalam acara Islamic Accounting Workshop di ruang pertemuan gedung Perpustakaan Unand.

Acara workshop ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Unand, Dr. Harif Amali Rivai, SE., M.Si dan juga di hadiri oleh Ketua jurusan Akuntansi, Ketua jurusan Ilmu Ekonomi, dosen dan mahasiswa di lingkungan Unand dan beberapa Perguruan Tinggi lain di Kota Padang.

Ketua jurusan Akuntansi, Dr. Rahmat Febrianto, SE., M.Si, Ak menyampaikan bahwa workshop sekaligus kuliah umum tentang Islamic Accounting dimaksudkan agar menjadi trigger bagi dosen dan mahasiswa untuk membuka diri dan melihat cakrawala yang lebih luas, sebagaimana kita ketahui bahwa islamic accounting merupakan area yang masih belum tersentuh mendalam di Indonesia.

Sejalan dengan Ketua Jurusan Akuntansi, Dekan dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa workshop dan kuliah umum ini diharapkan dapat membuka pikiran dan memberikan inspirasi kepada mahasiswa terutama mahasiswa baru angkatan 2017 melihat akuntansi dari perspektif islam.

Dekan juga menambahkan bahwa kegiatan seminar dan kuliah umum dengan mendatangkan dosen dan praktisi dari luar negeri merupakan agenda rutin di Fakultas Ekonomi Unand yang bertujuan untuk  berbagi ilmu kepada mahasiswa dan dosen yang berkaitan dengan perkembangan ilmu yang dinamis  mengikuti perkembangan lingkungan internasional dan bisnis sehingga terjadi transformasi baik kurikulum maupun konten perkuliahan.

Setelah acara pembukaan, acara workshop berlanjut dengan penyampaian materi oleh Prof. Dr. Abdul Rahim Abdul Rahman dan dipandu oleh Ika Sari Wahyuni TD, SE., M.Acc., CA., Ak Prof. Dr. Abdul Rahim Abdul Rahman merupakan guru besar di Islamic Science University of Malaysia (USIM), Malaysia dan juga merupakan pakar di bidang Islamic Accounting dan Islamic Finance. Pada kesempatan ini, Prof. Dr. Abdul Rahim Abdul Rahman memaparkan materi dengan topik “The Development of Islamic Accounting Research and Practices in Muslim Countries”.

 

08 Agustus 2017

Pada tanggal 4 sampai 6 Agustus 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (Unand) mendapat kunjungan dari tim Asesor BAN-PT dalam akreditasi Program Studi (Prodi) S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Kampus II Unand, Payakumbuh.

Tim asesor BAN-PT yang tediri dari dua orang yaitu Prof. Dr. Mahlia Muis, SE., M.Si dan Dr. Siti Komariyah, SE., M.Si disambut oleh Pimpinan Fakultas, Prodi, dosen dan tenaga kependidikan di ruang sidang dekanat Fakultas Ekonomi.

Asesmen lapangan yang dilakukan oleh tim asesor ini merupakan tahap lanjutan dari desk evaluation terhadap borang akreditasi Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Kampus II Unand, Payakumbuh.

Pada tanggal 5 Agustus 2017 tim asesor melakukan wawancara terhadap pengelola Fakultas dan pengelola Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Kampus II Unand, Payakumbuh untuk melakukan verifikasi terhadap data yang terdapat borang yang telah dikirimkan oleh Prodi ke BAN-PT.

Sementara itu, wawancara terhadap dosen, alumni dan stakeholders Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Kampus II Unand, Payakumbuh dilakukan pada hari berikutnya. Selain itu, tim asesor juga melakukan survei terhadap fasilitas dan sarana prasarana pendukung Proses Belajar Mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh.

Setelah melalui tahapan asesmen lapangan ini, pengelola Fakultas dan Prodi memiliki harapan agar Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh memperoleh predikat akreditas yang memuaskan.

04 Agustus 2017

 

Kamis, 3 Agustus 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Andalas melaksanakan kegiatan Bimbingan Aktifitas Kemahasiswaan dalam Tradisi Ilmiah (BAKTI) untuk mahasiswa baru Tahun Akademik (TA) 2017/2018. Sebanyak 1071 mahasiswa baru Fakultas Ekonomi mengikuti pembukaan BAKTI tingkat fakultas di gedung Auditorium Unand.

Kegiatan BAKTI tingkat Fakultas merupakan lanjutan dari BAKTI tingkat Universitas yang telah dilaksanakan pada tanggal 1 dan 2 Agustus 2017 di gedung Auditorium Unand.

Kegiatan BAKTI tingkat fakultas berlangsung dari tanggal 3 sampai 5 Agustus 2017. Hari pertama BAKTI, seluruh mahasiswa baru Fakultas Ekonomi mengikuti serangkaian kegiatan pengenalan Fakultas dan Akademik di gedung Auditorium. Selanjutnya, pengenalan jurusan dilaksanakan di masing-masing jurusan.

Kegiatan BAKTI dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Harif Amali Rivai, SE., M.Si. Dalam sambutannya Dekan mengucapkan selamat datang kepada seluruh siswa-siswi terbaik yang telah diterima di Fakultas Ekonomi Unand tahun akademik 2017/2018. Dekan mengajak agar seluruh mahasiswa baru untuk mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa kerena telah mendapat kesempatan untuk menempuh pendidikan dan menimba ilmu di Fakultas Ekonomi Unand, yang merupakan salah satu Universitas dengan predikat akreditasi institusi “A” dari BAN-PT.

Dekan juga menyampaikan harapan agar mahasiswa baru belajar dengan serius dan sungguh-sungguh sehingga bisa menyelesaikan masa studi tepat waktu dan dengan IPK yan cemerlang. Sebelum mengakhiri sambutannya, Dekan memperkenalkan pengelola fakutas yang juga hadir pada acara pembukaan BAKTI, mulai dari Wakil-wakil dekan, Ketua-ketua jurusan, Koordinator kampus II Payakumbuh, Koordinator DIII dan Ketua-ketua Program Studi.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sosialisasi penyelenggaraan dan pengelolan fakultas oleh Wakil Dekan I, II dan III. Wakil Dekan I, Dr. M. Nazer, SE., MA memberikan materi berkaitan dengan bidang akademis dan peraturannya. Sedangkan, Wakil Dekan II, Dr. Masyhuri Hamidi, SE., M.Si memberikan informasi tentang Uang Kuliah Tunggal (UKT), sarana dan prasarana pendukung di Fakultas. Wakil Dekan III, Dr. Vera Pujani, SE., MMTech., memberikan penjelasan seputar bidang kemahasiswaan dan pengembangan softskill mahasiswa.

Pada hari berikutnya, kegiatan BAKTI diisi dengan pengenalan lingkungan fakultas, pengenalan himpunan mahasiswa, serta penyelenggaraan dan pengelolaan jurusan di Fakultas Ekonomi. Hari terakhir BAKTI dilakukan pengenalan unit kegiatan kemahasiswaan seperti Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Unit-unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Ekonomi. Serangakaian acara BAKTI mahasiswa baru Fakultas Ekonomi tahun 2017 berakhir pada tanggal 6 Agustus 2017.

02 Agustus 2017

Program Magister dan Doktor Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (Unand) kembali  mengadakan ujian tertutup disertasi mahasiswa Program Studi (Prodi) Doktor (S3) Ilmu Ekonomi Universitas Andalas pada tanggal 31 Juli 2017. Tiga orang mahasiswa Prodi Doktor Ilmu Ekonomi mengikuti ujian tertutup disertasi pada sesi dan susunan tim promotor dan tim penguji yang berbeda. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Evi Susanti Tasri, Sri Maryati dan Yulina Eliza.

Evi Susanti Tasri menjabarkan dan mempertahankan disertasi dengan judul “Model Pertumbuhan Ekonomi Hijau: Perluasan Model Pertumbuhan Solow dengan Faktor Ekonomi Hijau” dihadapan tim penguji dan tim promotor. Tim penguji terdiri dari Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE., MA., Prof. Dr. Firwan Tan, SE., M.Ec., DEA., Ing., Prof. Elfindri, SE., MA., Dr. Harif Amali Rivai, SE., M.Si dan Endrizal Ridwan, SE., M.Ec., Ph.D. dan satu orang penguji eksternal, Dr. Mubariq Ahmad dari Universitas Indonesia. Sementara tim promotor terdiri dari Prof. Dr. Syafruddin Karimi, SE., MA., Indrawari, SE., MA., Ph.D., dan Dr. Hefrizal Handra, M.Soc., Sc.

Pada sesi yang berbeda Sri Maryati mempresentasikan disertasi yang berjudul “Penawaran Tenaga Kerja Wanita Kawin dan Karakteristik Pekerjaan Suami di Indonesia” dihadapant tim penguji dan tim promotor. Tim penguji terdiri dari Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE., MA., Prof. Dr. Adrimas, SE., MS., Dr. Harif Amali Rivai, SE., M.Si dan Endrizal Ridwan, SE., M.Ec., Ph.D., satu orang penguji ekternal Prof. Hj. Nurlina Tarmizi, M.Si., Ph.D dari Universitas Sriwijaya. Tim Promotor terdiri dari Prof. Dr. Elfindri, SE., MA., Prof. Dr. Nasri Bachtiar, SE., MS., Dr. Hefrizal Handra, M.Soc., Sc.

Pada sesi terakhir ujian tertutup disertasi mahasiswa Prodi Doktor Ilmu Ekonomi, Yulina Eliza menjabarkan disertasinya yang berjudul “Analisis Pengembalian Investasi Pendidikan Tenaga Kerja Perempuan di Indonesia” dihadapan tim promotor dan tim penguji. Tim promotor terdiri dari Prof. Dr. Elfindri, SE., MA., Prof. Dr. Nasri Bachtiar, SE., MS., dan Dr. Hefrizal Handra, M.Soc.Sc. Sementara tim penguji terdiri dari Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE., MA., Dr. Endry Martius, M.Sc., Dr. Harif Amali Rivai, SE., M.Si., Endrizal Ridwan, SE., M.Ec., Ph.D., dan penguji eksternal Prof. Hj. Nurlina Tarmizi, M.Si., Ph.D dari Universitas Sriwijaya.

Setelah menjabarkan dan mempertahankan disertasi dihadapan tim penguji dan  tim promotor, Evi Susanti Tasri, Sri Maryati dan Yulina Eliza dinyatakan lulus ujian tertutup disertasi Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi (S3) Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

01 Agustus 2017

Forum Dosen Akuntansi Sektor Publik (FDASP) merupakan forum komunikasi antar Dosen Akuntansi Sektor Publik yang beranggotakan Dosen dan Akademisi Akuntansi Sektor Publik yang berasal dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia. FDASP setiap tahun rutin mengadakan pertemuan ilmiah tahunan dengan serangkaian kegiatan ilmiah. Pada tahun 2017 ini, FDASP diselenggarakan di Universitas Andalas tepatnya di Fakultas Ekonomi selama dua hari yaitu pada tanggal 27 dan 28 Juli 2017.

Acara pembukaan pertemuan tahunan FDASP 2017 dihadiri oleh Wakil Rektor I, Dekan dan Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi, anggota FDASP dan mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi Unand. Pada kesempatan ini Wakil Rektor I Unand, Prof. Dr. Dachriyanus, Apt membuka secara langsung pertemuan tahunan FDASP 2017 yang berlangsung di Ruang Seminar Gedung I Unand.

Dr. Harif Amali Rivai, SE., M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi Unand mengucapkan apresiasi kepada Forum Dosen Akuntansi Sektor Publik (FDASP) yang telah memilih Fakultas Ekonomi Unand sebagai tuan rumah pertemuan tahunan FDASP tahun 2017.

Setelah acara pembukaan, pertemjuan tahunan FDASP dilanjutkan dengan penyampaian Keynote Speech oleh Prof. Chris Patel dari Department of Accounting and Corporate Governance, Macquarie University. Prof. Chris Patel menyampaikan materi dengan topik “Adoption of International Public Sector Accounting Standards (IPSAS): What Have We Learned”.

Setelah pemaparan keynote speech oleh Prof. Chris Patel, acara dilanjutkan dengan seminar dengan narasumber dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), yaitu Eko Prasetyo yang merupakan Direktur Utama LPDP. LPDP merupakan instansi pemerintah yang menerapkan pola keuangan Badan Layanan Umum berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 18/KMK.05/2012 tanggal 30 Januari 2012. Dalam seminar sehari ini, Eko Prasetyo memaparkan materi tentang “Peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Publik” dipandu oleh Dr. Efa Yonnedi, SE., MPPM, Ak yang bertindak sebagai moderator.

FDASP tahun 2017 yang terdiri dari empat kegiatan utama, yaitu seminar, kolokium doktor, sesi parallel presentasi hasil penelitian dan bedah buku bidang akuntansi sektor publik berlanjut pada hari berikutnya dengan menghadirkan dua orang narasumber yaitu Zainuddin (Kepala DPKAD Provinsi Sumatera Barat) dan Hansastri (Kepala Bappeda Sumatera Barat).

FDASP 2017 memberikan kesempatan bagi akademisi dan praktisi akuntan di entitas pemerintahan untuk mengkomunikasikan dan mempublikasikan hasil penelitiannya.

 

28 Juli 2017

Pada tanggal 25 sampai 27 Juli 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (Unand) mendapat kunjungan dari tim Asesor BAN-PT dalam akreditasi Program Studi (Prodi) S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Unand.

Tim asesor BAN-PT yang tediri dari dua orang yaitu Irsad, SE., M.Soc.Sc., PhD dan Drs. Edy Yusuf AG, M.Sc., PhD., disambut oleh Pimpinan Fakultas, Prodi, Guru Besar dan Dosen di lingkungan Prodi Ekonomi Pembangunan di ruang sidang dekanat Fakultas Ekonomi.

Asesmen lapangan yang dilakukan oleh tim asesor ini merupakan tahap lanjutan dari desk evaluation terhadap borang akreditasi Prodi S1 Ekonomi Pembangunan Ekonomi Unand. Pada tanggal 26 Juli 2017 tim asesor melakukan wawancara terhadap pengelola Fakultas dan pengelola Prodi S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Unand untuk melakukan verifikasi terhadap data yang terdapat borang yang telah dikirimkan oleh Prodi ke BAN-PT. Sementara itu, wawancara terhadap dosen, alumni dan stakeholders Prodi S1 Ekonomi Pembangunan dilakukan pada hari yang sama.

Salah satu user/stakeholder yang hadir dan diwawancarai oleh tim asesor adalah Ir. H. Emzalmi, M.Si yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Padang. Selain itu, tim asesor juga melakukan survei terhadap fasilitas dan sarana prasarana pendukung Proses Belajar Mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Setelah melalui tahapan asesmen lapangan ini, pengelola Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas memiliki harapan agar predikat akreditasi “A” dapat diraih.